Published On: Kam, Sep 15th, 2016

Makin Banyak Perusahaan Berebut “Kue” Pembangunan

TUBAN

seputartuban.com – Semakin bertambahnya industri di wilayah Kabupaten Tuban dan proyek pemerintah, membuat semakin meningkatnya jumlah perizinan usaha jasa kontruksi (IUJK).

Ilustrasi Pengusaha Jasa Kontruksi

Ilustrasi Pengusaha Jasa Kontruksi

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Tuban 2 tahun ini mengalami peningkatan. Pada tahun 2014 ada sebanyak 11 perizinan, 2015 meningkat drastis menjadi 170 perizinan, sedangkan tahun 2016 hingga saat ini ada sebanyak 108 izin yang sudah dikeluarkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich mengatakan bahwa dengan meningkatnya usaha jasa kontruksi merupakan sisi baik karena banyak yang tertarik dalam bisnsis jasa kontruksi, sehingga terjadi kompetisi bisnis. Namun juga ada sisi negatifnya, yaitu terjadi persaingan tidak sehat. “Meningkat pengusaha jasa kontruksi karena banyaknya industri di Tuban,” kata Choliq, kemarin.

Selain itu, juga disebabkan faktor lain seperti beralih usaha dari usaha sebelumnya. Ada juga karena ingin mencoba, karena dianggap mudah dan untungnya besar. Namun demikian, dengan semakin banyaknya jasa kontruksi berdampak persaingan semakin ketat.

Sehingga dibutuhkan manajemen pengelolaan yang baik agar mereka dapat bertahan. “Dengan banyaknya jasa kontruksi kita harus lebih selektif dan meningkatkan pengawasan,” sambungnya.

Choliq menambahkan bahwa pembinaan manajemen terhadap para pelaku jasa kontruksi itu dilakukan secara langsung. Serta melakukan peningkatan pengawasan, sehingga dana yang sudah diberikan bermanfaat terhadap masyarakat. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author