Published On: Sab, Feb 27th, 2016

Madrasah Tuban Belum Mampu Gelar UNBK 2016

TUBAN

Ilustrasi Ujian Manual

Ilustrasi Ujian Manual

seputartuban.com – Tidak ada satupun madrasah yang ada dibawah naunggan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Tuban dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sibut juga Computer Based Test (CBT). Yaitu sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Penma Kankemenag Tuban, M. Muhlisin Mufa mengatakan bahwa saat ini Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) tidak bisa mengikuti UNBK. Hal itu disebabkan karena minimnya fasilitas komputer sebagai alat untuk melaksanakan UNBK. “Tahun ini kita belum bisa mengikuti UNBK, karena sarana prasarana belum lengkap,” katanya.

Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti UNBK, sekolah harus menyediakan perangkat komputer yang berkualitas tinggi, tidak hanya sekedar komputer. Sedangkan madrasah di Tuban semuanya belum memiliki fasilitas untuk mengikuti Ujian Nasional secara online dan diperkirakan tahun depan baru ada beberapa sekolah yang akan mengikutinya. “Tahun depan yang Madrasah Negeri akan kita dorong untuk bisa mengikuti UNBK,” sambungnya.

Kasi Penma juga mengeluhkan tidak adanya bantuan sarana prasarana penunjang dari Pemerintah Pusat. Seharusnya ada peran serta pemerintah, sebab bila tidak ada program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah tersebut tidak akan bisa berjalan sesuai dengan harapan. “Harus ada bantuan secepatnya agar program itu bisa terlaksana dan itu membutuhkan peran serta pemerintah,” keluhnya, Kamis (25/2/2016).

Diketahui, jumlah peserta UN ditingkat Madrasah Aliyah (MA) berjumlah 2.571 siswa yang tersebar di 9 MA Swasta dan 2 MA Negeri. Sedangkan tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 5.494 siswa yang tersebar di 47 MTs Swasta dan 2 MTs Negeri dan untuk tingkat Madrasah Ibtidaiah (MI) sebanyak 4.231 siswa yang ada di 242 lembaga swasta dan 2 lembaga Negeri.

Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasionalk (UN) tingkat SD/MI pada 16 Mei 2016 sampai 18 Mei 2016. SMP/MTs mulai 9 Mei 2016 sampai 12 Mei 2016. SMA/SMK/MA dilaksanakan sejak 4 April 2016 sampai 6 April 2016. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author