Published On: Jum, Agu 11th, 2017

Lupa Matikan Pompa Air,  Rumah Ibu Guru Plumpang Nyaris Ludes

seputartuban.com, PLUMPANG –Eko Rini Agustina (58) warga Dusun Dempel, Rt 01 Rw 01, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban ini hampir tidak mengetahui sebagian rumahnya, Kamis (10/8/2017) pagi telah dilalap sijago merah.

TERSELAMATKAN : Anggota Polsek Plumpang saat di lokasi kejadian

Saat dia tahu,  sangat panik hingga akhirnya berteriak meminta tolong pada pukul 04. 00 WIB setelah mengetahui kepulan asap tebal dilangit-langit rumah dan kobaran api pada salah satu sisi kamar tidurnya. Kobaran api cepat membesar lantaran bangunan rumah kontruksi dasarnya kayu.   
Tidak hanya membakar sebagian ruang tidur, kobaran api juga menghanguskan ruangan bagian dapur, berikut perkakas perlengkapan memasak miliknya. “Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari korban, api tersebut diketahui berasal dari bagian dapur.” Terang Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati usai menerima kabar dari Polsek Plumpang.

Beruntung, upayanya meminta tolong dengan berteriak tersebut dapat membangunkan tetangganya. Hingga akhirnya dua keluarga ikut memadamkan api dengan peralatan seadanya agar tidak menjalar keruangan lain. Api berhasil dipadamkan sebelum petugas kepolisian setempat tiba dilokasi kejadian.

Kedua keluarga tersebut adalah Suyoto (70) dan keluarga serta Edy Pramono (45) beserta keluarga. “Dari hasil penyelidikan petugas, api dipicu dari konsleting arus listrik pada mesin pompa air. Kobaran api cepat membesar setelah dinding kayu tersulut percikan bunga api.” pungkasnya.

Akibar kejadian tersebut menyebabkan korban menderita kerugian sebsar Rp 500.000.  Penghitungan tersebut setelah dijumlahkan dari mesin pompa air yang rusak serta sebagian ruang dapur dan sebagian ruang kamar yang terbakar. Korban sangat beruntung,  karena sebelum api makin membara,  sudah berhasil dipasarkan dengan alat seadanya.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author