Published On: Ming, Mei 26th, 2013

Luar Biasa, Anak Kuli Bangunan Meraih NUN Terbaik SMK Se-Jatim

Share This
Tags

SEMANDING

Peraih Nun tertinggi se-jatim

LUAR BIASA : Achmad Safi’i bersama ayahnya. Saat ditemui seputartuban.com

seputartuban.com – Achmad Safi’i (17), Siswa SMKN 1 Tuban meraih Nilai Ujian Nasional (NUN) 38,70 dari 4 mata pelajaran yang diujikan. Dan menjadi tertinggi se-jatim, untuk hasil UN tingkat SMK tahun 2013.

Putra pertama pasangan Pujianto (45) dan Masriati (39), warga Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Selama 2 tahun terakhir mendapat keringanan biaya sekolah.

Menurut Pujianto, saat dikonfirmasi dirumahnya, Jum’at (25/05/2013) anaknya mendapat keringanan biaya sekolah. Karenakan dirinya mengajukan surat keterangan tidak mampu. ”Sejak kelas dua, Achmad ini sudah tidak bayar sekolah. Kami tak mampu bayar. Dan atas saran sekolah, mengirim surat tidak mampu ke sekolahan,” ungkapnya.

Bahkan hingga saat ini, keinginan anaknya agar dibelikan komputer jinjing belum dapat dikabulkanya. Karena dirinya hanya sebagai kuli bangunan. Dan istrinya bekerja disalah satu Catering di Tuban. ”Permintaan Achmad untuk dibelikan laptop juga belum bisa saya belikan. Karena saya tak punya uang,” tuturnya.

Selama beberapa waktu lalu bapak 2 anak ini tidak dapat bekerja. Karena usai mengalami kecelakaan kerja bangunan. Sedangkan istrinya yang bekerja disebuah jasa pemesanan berbagai masakan (Catering) belum mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya. Baru sekitar sepekan terakhir mulai dapat beraktifitas normal.

“selama ini sudah dapat beasiswa les gratis PT Semen Indonesia. Dan ini sudah mengajukan beasiswa ke Holcim dan Semen Indonesia. Saya berdoa semoga saya bisa diterima salah satunya,” harapnya.

Diketahui, Peserta UN dengan nomor peserta 15 101 402 7 ini masing-masing pelajaran meraih nilai hampir sempurna. Yakni pelajaran Matematika mendapatka nilai 10. Bahasa Inggris 9,8 sedangkan Bahasa Indonesia 9,4 dan Pelajaran Produktif (Teknik Komputer dan Jaringan) memperoleh nilai 9,5.

Sedangkan salah satu prestasi yang pernah diraih adalah juara 1 Lomba kompetensi Siswa SMK tingkat provinsi Jatim. Bidang matematika teknologi pada Juni 2012. Bertempat di SMK 5 Surabaya, saat itu Safi’i mengerjakan soal dengan sofware mata pelajaran 15 untuk argoritma matematika.

Diketahui UN Siswa SMK hanya 4 mata pelajaran. Sedangkan SMA dan MA 6 mata pelajaran. Sehingga masing-masing memiliki hasil NUN yang berbeda pula. Dan memiliki peringkat terbaik masing-masing. Dan Achmad Safi’i menjadi yang terbaik diantara siswa SMK se – Jatim.  (han)

Facebook Comments

About the Author

Videos