Published On: Jum, Jul 13th, 2012

Lomba Pidato Bahasa Jawa Sepi Peminat

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-67, Kabupaten Tuban, mengadakan lomba pidato bahasa jawa bertempat di gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan olah Raga ( Disdikpora) lantai 2, Kabupaten Tuban, Kamis (12/07/2012).

Dalam lomba pidato bahasa jawa kali ini, pesertanya terdiri dari siswa siswi SMP se-Kabupaten Tuban.
Sebanyak 35 peserta mengikuti lomba ini, dalam isi pidato para siswa banyak berisikan pemberian semangat dalam dunia pendidikan. Bahkan terdapat salah satu siswa dari SMP N 1 Jenu berani berpidato mengkritik dunia pendidikan.

Salah satu peserta tersebut yaitu, Yulia formadina, Siswi SMP N 1 Jenu, kelas VIII ini nampak dalam pidatonya sangat fasih dalam berbahasa jawa, mulai dari logat hingga intonasi berpidato nampak dikuasainya. Anak dari pasangan Mat Salam dan Rumiati itu nampak mampu memukau 3 juri dalam lomba tersebut.

Ketua Panitia Lomba, Rusmadi, saat dikonfirmasi seputartuban.com, menjelaskan bahwa dalam lomba kali diikuti oleh siswa SMP, dengan maksuduntuk menumbuh kembangkan kecintaan siswa terhadap bahasa jawa.

Selain itu juga untuk membudayakan bahasa jawa dikalangan remaja, yang semakin hari bahasa jawa sudah semakin ditinggalkan. Bahkan orang jawa-pun banyak yang dak dapat menggunakan bahasa jawa halus. “Lomba ini tidak hanya dalam memeriahkan HUT RI namun lebih ditonjolkan dalam rangka kecintaan terhadap budaya jawa,” tuturnya.

Diketahui, jumlah peserta dalam lomba bahasa jawa ini tidak sebanding dengan banyaknya jumlah SMP Negeri maupaun swasta di Kabupaten Tuban. Sehingga terkesan kegiatan ini sepi peminatnya.

Foto : Saat perlombaan bahasa jawa berlangsung

Facebook Comments

About the Author