Published On: Rab, Nov 1st, 2017

Lomba Petani Green Belt, Ini Wujud Nyata Semen Indonesia Ramah Lingkungan

seputartuban.com, KEREK – Kegiatan lomba petani green belt selain wujud nyata kepedulian PT Semen Gresik kepada masyarakat sekitar juga bukti bahwa operasional perusahaan ramah lingkungan. Terbukti tanaman petani dapat tumbuh dan berbuah disekitar pabrik. Lomba petani yang mengelola pasca tambang itu puncaknya digelar, Selasa (31/10/2018) di Auditorium Semen Gresik, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

JAWARA : Sejumlah petani green belt yang menjadi juara menerima hadiah secara simbolis

Lomba ini bukan kali pertama dilakukan. Tahun 2017 bertepatan dengan HUT Semen Gresik ke-60 sekaligus peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Sebanyak 370 petani yang tergabung dalam 20 kelompok mengikuti ajang ini.

Dalam perlombaan ini, keluar sebagai pemenang dalam kategori kompok, sebagai juara 1 adalah Kelompok Tani Barokah, Juara 2 Kelompok Tabi Sumber Urip, Juara 3 Kelompok Tani Maju Terus. Sedangkan juara harapan 1 sebagai juara adalah Kelompok Tani Mugi Rahayu, harapan 2 adalah Kelompok Tani Sumber Makmur.

Untuk perorangan katagori inovatif dan kreati, juara 1 diperoleh Arto, juara 2 Rudianto, juara 3 Sarji, jura harapan 1 diperoleh Sarti, dan jura harapan 2 diperoleh Jamial. Sedangkan lomba kreasi, juara 1 diperoleh Tarji, juara 2 Tarsilan, juara 3 Sholeh, juara harapan 1 diperoleh Suwarno, dan juara harapan 2 diperoleh Rasdi.

Direktur Utama Semen Gresik Gatot Kustiadji dalam sambutannya mengatakan lomba dilakukan sebagai wujud apresiasi kepada petani sekitar. Karena mereka telah berhasil mengelola bekas tambang untuk sektor pertanian dan produktif.

”Pada lahan bekas tambang itu ditamani berbagai tanaman seperti pohon mangga, nangka, sukun, dan berbagai tanaman lainnya. Bibitnya dari kita, petani yang merawat, dan hasilnya semua untuk petani pengarap,” ungkapnya.

Pola tanam yang dilakukan petani, jarak tanam sekira 5 meter. Sedangkan disela-sela tanaman pohon, ditanamai beragam komoditas pertanian. Diantarabya kacang tanah, jagung dan lainnya.

”Jadi selain ada tanaman yang panennya musiman, pada lahan green belt oleh petani juga ditanami tanaman sela seperti jagung, kacang tanah, dan cabai. Dengan begitu green belt sebagai lahan hijau juga memberikan manfaat untuk petani,” pungkasnya. Nal

Facebook Comments

About the Author