Published On: Sab, Apr 22nd, 2017

Lokasi TMMD Tuban Makin “Cantik” Luar Dalam

seputartuban.com, PLUMPANG – Desa Sumurjalak menjadi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 68 Kodim 0811 Tuban terus bersolek luar dalam. Karena secara fisik dilakukan pembangunan, sedangkan non fisik diberikan pembinaan sejumlah hal.

PEMBINAAN KEROHANIAN : Kepala KUA Kec. Plumpang saat sedang memberikan pembinaan agama

Data terakhir perkembangan pembangunan, Jumat (21/4/2017) pengaspalan jalan dengan panjang 650 meter dengan lebar 2,5 meter sudah dikerjakan 85 persen. Sedangkan pembuatan jalan makadam dengan panjang 580 meter dan lebar 2,3 meter sudah dikerjakan 80 persen.
Pembuatan jalan makadam dengan panjang 150 meter dan lebar 2,3 meter sudah dikerjakan 81 persen. Sedangkan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) sebanyak 3 unit sebanyak 89 persen. Sedangkan pembuatan gorong-gorong 4 unit sudah dikerjakan 69 persen.

CEPAT BANGUN : Pengaspalan jalan sudah hampir selesai

Pembuatan saluran air dengan panjang 24 meter sudah dikerjakan 91 persen. Perbaikan booch jembatan 4 unit dikerjakan 92 unit. Sedangkan renovasi rumah tinggal layak huni (RTLH) sudah dikerjakan 60 persen. Sedangkan pembuatan 2 unit MCK sudah dikerjakan 45 persen.
Secara mental, masyarakat Desa Sumurjalak juga mendapatkan perhatian serius dari TNI. Jumat (21/4/2017) malam, dilakukan pembinaan mental dalam rangka isro’ dan mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dengan pemateri Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Plumpang. Menjelaskan kewajiban menunaikan sholat 5 waktu dan cara sholat yang benar serta hukum pernikahan. 

KOMPAK : Anggota TNI dan masyarakat bahu membahu membangun MCK

Sebelumnya juga sudah dilakukan sosialisasi tentang Ketenagakerjaan yang disampaikan Kasi Pengembangan dan Perluasan Tenaga kerja Dinas Penanaman Modal, Perizinan dan Ketenagakerjaan Pemkab Tuban, Fauzi Mahrus. Pada saat yang bersamaan juga disampaikan materi tentang perizinan. Oleh Kasi Perizinan tertentu dan Usaha dari dinas yang sama, Wahyudi.
Pembinaan lainya yang sudah dilakukan adalah tentang Perpustakaan dan Pengarsipan, wawasan kebangsaan, pengetahuan peraturan daerah. Selain itu juga Kamtibmas dan Narkoba, bidan peternakan hingga sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan. Hanya 1 kegiatan pembinaan yang belum dilakukan, yakni bantuan hukum.

HAMPIR SELESAI : Salah satu RTLH yang hampir selesai dibangun

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo, Sabtu (22/4/2017) menjelaskan kegiatan TMMD berlangsung cepat karena adanya kemanunggalan berbagai pihak. Mulai para prajurit hingga pihak-pihak terkait. “Terima kasih banyak pihak yang telah bersama kami memberikan manfaat kepada masyarakat melalui TMMD,” ungkapnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author