Published On: Jum, Nov 2nd, 2012

Lima Karakter Pandawa, Sebuah Penokohan Kepemimpinan

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

MERAKURAK

seputartuban.com – Pemerintahan dan Kemimpinan yang jujur dan bersih berdampak pada kemakmuran masyarakatnya. Seorang pemimpin akan mempengaruhi siapa yang dipimpinya, termasuk para pemegang pemerintahan, karakternya akan mempengaruhi nasib rakyatnya.

Hal ini seperti yang dilakonkan dalam sebuah judul “Sesaji Rojo Suryo” sebuah pagelaran wayang dengan dalang kondang Ki Manteb Sudarsono. Yang diselenggarakan PT Semen Gresik, Jum’at (2/11/2012) malam di Lapangan, Perumdin, Desa Sumurgung, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Lakon ini secara kiasan mengartikan bahwa sinarnya atau karakter serta kebijakan pemimpin akan sangat mempengaruhi rakyatnya. Dan karakter pemimpin yang dapat mengayomi rakyatnya terdapat dalam karakter penokohan Pandawa.

Yakni Punta Dewa yang memiliki sifat kesatria yang lemah lembut, iklas dan sabar, tidak suka kericuhan. Werkudara merupakan kesatria yang tegas dengan peraturan. Janaka memiliki sifat kesatria yang jujur dan amanah. Serta Nakula dan Sadewa merupakan satria yang selalu mementingkan kemakmuran.

General Manajer Kontruksi Tuban IV PT Semen Gresik, Ari Wardana, dalam sambutannya pembukaanya mengatakan, bahwa, pagelaran wayang kulit sebagai sebuah simbol harapan agar Tuban bertambah aman, tentram, dan makmur.

“ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun PT Semen Gresik ke- 55 dengan kisah tauladan pewayangan ini, semoga bisa menambah etos kerja seluruh karyawan dan masyarakat Tuban,” katanya.

Foto : General Manajer Kontruksi Tuban IV PT Semen Gresik, Ari Wardana saat menyerahkan wayang kepada Ki Manteb Sudarsono

Facebook Comments

About the Author