Published On: Kam, Apr 17th, 2014

Lembar Jawaban UN Langsung Dikirim ke Unair

TUBAN

BERSIH: Kerahasiaan naskah soal karena segel hanya bisa dibuka oleh tiga pihak yakni polisi, pengawas dan panitia.

BERSIH: Kerahasiaan naskah soal karena segel hanya bisa dibuka oleh tiga pihak yakni polisi, pengawas dan panitia.

seputartuban.com – Semua lembar jawaban ujian nasional (LJUN) yang dikerjakan siswa SMA sederajat dari Tuban langsung dikirim Surabaya. Hanya saja, sebelum dikirim LJUN dikumpulkan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga(Disdikpora) Tuban untuk dilakukan pemindaian.

Ketua Panitia UN 2014 Disdikpora Kabupaten Tuban, Heny Indriana, menjelaskan proses pengirimannya dilakukan setiap hari dimulai dari sub rayon, lalu dikirim ke rayon hingga sampai di Dinas Pendidikan. Setelah semua LJUN terkumpul sampai batas jam 17.00 WIB, kemudian  dikirim oleh pengawas perguruan tinggi dari Tuban ke kampus C Universitas Airlangga (Unair) untuk dilakukan koreksi.

“Jadi semua pengoreksiannya dilakukan dikampus itu (Unair). Untuk hasilnya nanti akan di informasikan setelah semuanya selesai,” terang Heny.

Heny memastikan sampai akhir pelaksaan UN di Tuban tidak ditemukan kerusakan maupun kekurangan naskah serta praktik joki.

Menurut Heny, pengawas melakukan verifikasi ketat dan ada sanksi tegas bagi semua yang membocorkan dokumen negara. Selain itu, Disdikpora Tuban menjamin kerahasiaan naskah soal karena segel hanya bisa dibuka oleh tiga pihak yakni polisi, pengawas dan panitia. “Sampai detik ini tidak ada Mas, karena kerahasiannya terjamin,” tegasnya.

Di Kabupaten Tuban UN dilaksanakan selama tiga hari Sejak Senin (14/4/2014) sampai dengan Rabu (16/4/2014). Dalam UN tahun ini dikuti sebanyak 10.408 siswa dari SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Tuban. AMIN

Facebook Comments

About the Author