Published On: Rab, Okt 22nd, 2014

Layanan RSUD Tuban Tidak Maksimal

TUBAN

AMBURADUL: Gara-gara pasokan listrik tidak tercukupi,layanan di RSUD Tuban terganggu sejak Senin (20/10/2014) hingga Rabu (22/10/2014).

AMBURADUL: Gara-gara pasokan listrik tidak tercukupi,layanan di RSUD Tuban terganggu sejak Senin (20/10/2014) hingga Rabu (22/10/2014).

seputartuban.com– Gara-gara pasokan listrik tidak tercukupi,layanan di RSUD Tuban terganggu sejak Senin (20/10/2014) hingga Rabu (22/10/2014). Ini bukan kali pertama. Peristiwa tersebut sudah berulang kali terjadi, namun hingga saat ini belum ada upaya perbaikan dari manajemen rumah sakit.

Kondisi rumah sakit plat merah itu selama beberapa hari terakhir pelayananya menjadi amburadul  akibat pasokan listrik hanya mengandalkan genset, setelah aliran listrik dari PLN terputus akibat travo rusak.

Sayagnya, pasokan strum dari genset tersebut tidak mencukupi seluruh kebutuhan listrik. Dampaknya sejumlah bidang tidak membuka pelayanan, karena alat medis tidak dapat dioperasikan. Diantaranya radiologi, CT-Scan dan operasi. Selain itu sejumlah alat pendukung medis lainya juga terganggu. Salah satunya pendingin ruangan.

Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Atas gangguan tersebut khsusunya pasien dari keluarga miskin sangat dirugikan. Karena jika diperlukan tindakan medis, sedangkan alatnya tidak dapat dioperasikan maka harus dirujuk ke Surabaya. Sedangkan dari keluarga mampu, lebih memilih pindah ke rumah sakit swasta di Tuban.

Kabag Humas Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi, menjelaskan pada pada prinsipnnya pemerintah daerah selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jika terdapat kendala akan berupaya untuk diselesaikan.

“Pada prinsipnya kita ingin memberikan yang terbaik, saat ini masih kita koordinasikan hal itu,” ungkapnya, Rabu (22/10/2014) siang.

Sebelumnya, Manager UPJ PLN Tuban Asnan Askiki, kepada seputartuban.com saat ditanya seringnya gangguang aliran listrik di RSUD Tuban, mengungkapkan permasalahan bukan pada jaringan PLN.

“Yang mengalami kerusakan bukan istalansi PLN tetapi istalansi yang ada dirumah sakit itu,” kata Asnan.

Dia menjelaskan, fasilitas pelayanan publik sperti rumah sakit, polres dan Pemkab Tuban mendapat prioritas pelayanan listrik karena masuk dalam daftar ring 1.

Sehingga jika masih dapat diupayakan, tidak masuk dalam pemadaman jaringan saat terjadi masalah jaringan.

“Untuk perbaikan istalansi di rumah sakit itu butuh biaya besar, karena masuk dalam istalansi besar,” tegasnya.  MUHAIMIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos