Published On: Sab, Jan 23rd, 2016

Laporan Bulanan Lemot, Pimpinan SKPD Akan di Sanksi

TUBAN

Sekda Tuban, Budi Wiyana

Sekda Tuban, Budi Wiyana

seputartuban.com – Pemkab Tuban semakin meningkatkan manajemen pemerintahanya. Salah satunya dengan optimalisasi penyerapan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Agar program kerja dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mulai tahun anggaran 2016, Pemkab Tuban menerapkan manajemen baru. Yakni pelaporan program dan penyerapan anggaran SKPD dilakukan tiap bulan dan 3 bulanan. Hal itu untuk mengetahui perkembangan program kerja, perkembangan penyerapan anggaran sekaligus mengetahui penggunaan anggaran.

“Dengan sistem tersebut kita dapat mengetahui penyerapan anggaran di masing-masing SKPD dan kendala yang dihadapinya,” jelas Budi Wiyana, Jumat (22/1/2016).

Kemudian dilakukan evaluasi hasil laporan tersebut. Bagi SKPD yang sudah sesuai aturan akan diberikan penghargaan. Sedangkan bagi lainya yang penggunaan anggaranya tidak sesuai rencana, akan diberikan sanksi. “Semua SKPD dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan rencana yang telah disusunnya,” tegas Sekda.

Diketahui, saat ini SKPD sedang menyusun Draf Perencanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2016. Sedangkan untuk pelaksanaannya diharapkan sudah mulai Pebruari. Sehingga program tidak menumpuk pada akhir tahun dan ada anggaran yang tidak terserap.

Sekda menambahkan, sistem tersebut sebagai bentuk upaya peningkatan kinerja dan juga penyerapan anggaran bisa berjalan dengan maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat. Serta tidak ada lagi alasan bagi SKPD terbentur waktu dalam penyerapan anggaran yang telah disusunnya. “Ini sebagai bentuk upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dan perencanaan yang dibuat harus benar-benar matang,” pungkasnya.

Diketahui, tahun anggaran 2015, SKPD paling banyak tidak menyerap anggaran adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pertanian. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author