Published On: Sab, Jul 5th, 2014

Langganan Banjir Sanitasi Pantura Direnovasi

JENU

DIKEBUT: Gorong-gorong di depan Kantor Kecamatan Jenu yang setiap tahun jadi  pemicu banjir.

DIKEBUT: Gorong-gorong di depan Kantor Kecamatan Jenu yang setiap tahun jadi
pemicu banjir.

seputartuban.com-Untuk mengusir banjir yang setiap musim penghujan datang,  gorong-gorong jalan yang berada tepat di depan Kantor Kecamatan Jenu mulai dilakukan pelebaran.

Semula jalur air yang berukuran 60 cm dengan kedalaman 1 meter itu, kini
direncanakan diperluas dengan lebar hampir 2 meter. Alat berat didatangkan  untuk mengeruk tanah di selatan jalur pantura tersebut. Besi
untuk jalur air juga sudah disiapkan untuk dicor.

Supeno, warga sekitar menjelaskan, saat hujan mengguyur kawasan ini menjadi langganan banjir. Parahnya, banjir tersebut selalu membawa material dari badan jalan.  Bisa dipastikan, jalur pantura menjadi licin dan dipenuhi kerikil. Hal ini jelas membahayakan pengguna jalan yang tengah melintsa.

Selain itu, imbu8h lelaki 45 tahun ini, material yang dibawa banjir juga
masuk hingga rumah warga.

“Yang paling dirugikan tentu saja rumah yang dipakai warung. Kalau banjir masuk warung semua. Ini karena gorong-gorongnya sempit,” kata Supeno.

Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Choliq Chunasih, mengatakan proyek perbaikan menjadai beban APBD yang merupakan keberlanjutan dari pembangunan jalur air tahun sebelumnya.

“Pelebaran jalur air menjadi prioritas. Karena jalur pantura ini di musim hujan sering banjir. Debit air yang datang dari permukaan yang lebih tinggi mengakibatkan air menggenang,” terang dia, Sabtu (05/07/2014).

Akibat lain, imbuh Choliq, gorong-gorong kurang berfungsi dengan baik. Kebijakan yang diambil dengan melakukan pelebaran gorong-gorong disesuaikan debit air yang ada. Disoal dana, pihaknya masih harus melihat daftar proyek yang mengerjakan dan besar dananya.

“Kita pastikan proyek akan berjalan sesuai bestek yang telah ditenderkan,” tandasnya.  HANAFI

Facebook Comments

About the Author