Published On: Kam, Mar 3rd, 2016

Laksanakan Perintah Pangdam, Urine Anggota Kodim Diperiksa

TUBAN

BERSIH-BERSIH : Dandim dan anggotanya saat periksa urine

BERSIH-BERSIH : Dandim dan anggotanya saat periksa urine

seputartuban.com – Kodim 0811 Tuban melaksanakan tes urine bagi anggotanya, Rabu (2/3/2016) di Makodim. Hal itu menindaklanjuti perindah Panglima Kodam V Brawijaya, Mayor Jendral TNI, Sumardi, Selasa (1/3/2016) saat panen raya jagung di wilayah Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo dan 33 anggota Kodim serta Danramil jajaran mengikuti tes urine selama 1 jam. Masing-masing mengumpulkan urine kemudian didata untuk selanjutnya diperiksa petugas medis. Hasilnya akan diketahui apakah anggota Kodim ada yang mengkonsumsi Narkoba atau tidak.

“Ini untuk melakukan pengecekan kepada seluruh anggota di jajaran Kodim Tuban untuk mengetahui  apakah ada yang terlibat dalam penggunaan obat-obatan terlarang,” ungkap Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0811 Tuban, Mayor Inf. Suko Edi Winarto.

Kegaitan di Ruang data Makodim 0811 Tuban itu dilakukan secara mendadak. Sehingga hasil pemeriksaan urine agar sesuai kenyataan. Untuk menjaga akurasi hasil tes urine, Kodim melibatkan tim penguji dari petugas Pos Kesehatan Kodim, Sat Res Narkoba Polres Tuban, serta petugas dari laboratorium kesehatan Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tetuko Bojonegoro.

“Jika terbukti hasil dari rangkaian kegiatan tes urin ini terdapat anggota kami yang positif menggunakan obat-obatan terlarang, itu maka sanksinya mereka akan diberhentikan,” tegasnya.

Tes urine ini wujud komitmen nyata TNI untuk bersih-bersih prajurit nakal. Sebelumnya, TNI Angkatan Darat (AD) telah memecat anggota yang bertugas di satuan Kodam V/Brawijaya, karena terbukti mengonsumsi narkotika. Yakni, Serka Didik Afandi yang bertugas di Kodim 0827/Sumenep Korem 084/Bhaskara Jaya, ia mendapat sanksi pemecatan atau pemberhentian dengan tidak hormat. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author