Published On: Sen, Nov 21st, 2016

Laka Laut Tabrakan Kapal Bukan Wilayah Laut Tuban

TUBAN

seputartuban.com – Nelayan yang hilang akibat tabrakan kapal di lepas laut Tuban 3 diantaranya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di dalam kapal yang terbelah, Minggu (20/11/2016). Jenazah kemudian dibawa ke RSUD Dr. R Koesma Tuban untuk dilakukan identifikasi kemudian dicocokan dengan data yang diterima dari keluarga.

DITEMUKAN : Tim saat akan berangkat mencari korban

DITEMUKAN : Tim saat akan berangkat mencari korban

Tim gabungan pencarian korban melibatkan banyak pihak, mulai Polres Tuban, BPBD, Basarnas dan tim DVI Polda Jatim. Bahkan pencarian menggunakan helikopter untuk mengetahui dari atas keberadaan korban yang masih hilang.

Laka laut tabrakan Kapal MV THAISON 4 Gt 8216 Aimo 9370587 berbendera vietnam dengan Kapal Motor Mulya Sejati milik nelayan asal Juwana pati Jateng menyebabkan kapal nelayan terbelah. Sedangkan kapal vietnam melanjutkan perjalananya usai insiden itu karena akan bongkar muatan.

Data yang diterima seputartuban.com, yang awal dilaporkan hilang adalah Anto, Jardi, Wanidi, Rasiti, Warno, mereka merupakan warga asal Kabupaten Pekalongan. Kemudian Cahyono, Purnomo, Joko Purnomo, Nur Selamet warga Kabupaten Pati. Serta Sunardi, Karjani, warga asal Kabupaten Rembang. Dan Bayu warga asal Kabupaten Kudus. Serta 3 lainya belum dapat diketahui identitasnya. Sedangkan 3 jasad  yang ditemukan tim pencarian dari dalam kapal yang terbelah belum diketahui identitasnya.

Sedangkan nelayan yang berhasil diselamatkan sejak awal usai kejadian tenggelam adalah Wibowo (39), Ali Imron (24), Dwi Ina Fahrudin (29), Aditya Purnomo (20), Suwityo (47), Achmad Syahroni (28), Sulkan (45) warga asal Kabupaten Pati. Totok Prasetyo (20), Mamat Fauzi (20), Eko Prasetyo (23) warga Kabupaten Jepara, Sunarko (36) warga Kabupaten Rembang, Sofikun (36) warga Kabupaten Demak. Yang semuanya adalah anak buah kapal (ABK) KM. Mulya Sejati.

Polres Tuban melalui Subbag Humas menegaskan kejadian itu sudah berada di laut jawa, bukan wilayah perairan Tuban. Karena insiden terjadi di kawasan koordinat 06.33.03.5/112 derajat, 09 derajat .08 derajat. Atau sekitar 17 hingga18 Mil dari bibir pantai wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (19/11/2016) Pukul 04.00 WIB.

“Wilayah perairan itu bukan merupakan wilayah tuban, namun kami turut membantu melakukan pencarian korban dengan menerjunkan petugas dari Polsek Jenu,” terang Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati, kemarin.

12 ABK yang selamat itu dirujuk ke Puskesmas Paciran, Kabupaten Lamongan untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan salah satu korban selamat, Ahmad Syahroni dan Sulkan dirujuk ke RSUD Soegiri Lamongan karena kondisinya kritis.

Mereka yang selamat itu mendapatkan pertoloingan dari ABK  Kapal Dian Radian PETRONAS, pukul 14.00  saat menuju pelabuhan Lamongan Shorebase (LS). ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author