Published On: Rab, Jul 24th, 2013

Laka Kerja, 7 Pekerja Sub Kontraktor Terbakar

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Tujuh karyawan pengelasan proyek perbaikan pabrik Semen Indonesia Tuban IV, Selasa (23/07/2013) menjadi korban kecelakaan kerja. Kejadian saat para korban sedang memperbaiki support tangki batu bara.

Korban laka kerja dirawat copy

PARAH : Korban saat dirawat di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD dr Koesma Tuban

Mereka adalah Cipto Joyo (22), Sriyono (40), Darmuji (48), warga Desa Karanglo dan Darwan (30), warga Desa Padasan, dan Kayin (45), warga Desa Margorejo, Kec. Kerek Kab. Tuban. Jaswarno (40), warga Desa Tuwiri Wetan, Kec. Merakurak, Kab. Tuban.

Drajat Prayogi (28), warga Desa Dawar, Mojokerto. Usai kejadian, Kayin dan Darmuji dibawa ke RS Medika Mulia Tuban. Sedangkan 5 lainya di RSUD dr Koesma Tuban. Namun kelimanya dipindah, 3 diantaranya dirujuk ke RS Semen Gresik, di Gresik. Sedangkan 2 lainya dirujuk ke RS dr Soetomo Surabaya.

Salah satu keluarga korban, Suryanto (33), warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban saat dikonfirmasi di RSUD dr. Koesma mengatakan dia baru mengetahui adanya salah keluarganya mengalami laka kerja dari kerabatnya. Setelah mengetahui kabar tersebut, langsung datang ke RSUD.

Ditanya kronologi kejadian, dia memperoleh cerita dari salah satu teman kerja kerabatnya yang menjadi korban dalam laka kerja ini. Menurutnya, korban terkena ledakan akibat tabung elpiji yang digunakan untuk pengelasan tangki batu bara. Selain itu, ledakan juga diakibatkan oleh suhu pengelasan yang memanaskan tabung tersebut. “kami berharap memperoleh bantuan dana dari perusahaan, karena kami memang tidak memiliki biaya,“ ujar sumber seputartuban.com ini.

Terpisah, Kabiro Humas PT. Semen Indonesia, Harry Soebagyo saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan pihaknya akan bertanggung jawab dengan menanggung seluruh biaya pengobatanya.

Disoal kronologi kejadian, korban saat itu sedang melakukan pengerjaan pengelasan untuk sopport tangki batu bara. Diduga akibat suhu udara dalam tangki yang panas sehingga menyebabkan letupan. “Sebenarnya pengelasan sudah menggunakan air tadinya, ternyata suhu ruangannya memanas akhirnyab meletup,“ ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author