Published On: Kam, Jul 19th, 2012

Lagi Warga Demo Semen Gresik, Menyoal Pembuangan Limbah Pabrik

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

KEREK

seputartuban.com – Warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Tuban, kembali melakukan aksi unjuk rasa ke Semen Gresik, masih seperti tuntutan dulu pada aksi sebelumnya yakni pembuangan limbah agar ditempatkan dikawasan desa mereka, Kamis (19/07/2012).

Puluhan warga  melakukan aksi demo di Crusher 1 sebagai bentuk protes meminta alokasi pembuangan limbah pabrik serta meminta untuk berdialog  kepada manajemen Semen Gresik agar tuntutan mereka dipenuhi. Para pendemo yang sebagian besar pemulung itu berharap dengan dibuangnya limbah pabrik dikawasan desanya, mereka akan memiliki penghasilan.

Koordinator aksi, Mari kepada seputartuban.com menegaskan bahwa aksi demo kali ini merupakan buntut dari kekesalan warga atas sikap Semen Gresik yang dinilai tidak cepat menanggapi. Hampir sebulan lebih pembuangan limbah tidak lagi dikawasan Desa Karanglo. Sedangkan warga setiap hari sangat membutuhkan pendapatan untuk menyambung hidup.

”Kami warga miskin, ingin menjadi pekerja Semen Gresik sulit. Namun kami hanya meminta limbah agar dibuang di pembuangan desa kami, sehingga bisa mengais limbah itu, agar sedikit kemakmuran dapat dirasakan warga,” harapnya.

Dalam aksi ini, pihak PT. Semen Gresik mengajak Warga Karanglo untuk bermediasi terkait penempatan lahan pembuangan limbah yang diminta oleh pendemo. Warga yang diwakili Mari (32), Wahab (29) dan Nur (27), ketiga warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek  diajak untuk memilih dan menentukan lokasinya pembuangan limbah. Selanjutnya proses akan sesuai dengan aturan penempatan lahan limbah.

Terpisah, Kasi Humas dan Media Luar Jakarta, PT Semen Gresik, Faiq Niyazi saat dikonfirmasi terkait masalah aksi ini menjelaskan bahwa pembuangan limbah pembangunan pabrik baru ini memang sudah selesai.

Namun pihak Semen Gresik berjanji akan membantu warga berusaha memenuhi tuntutan peserta aksi. Yakni dengan menyediakan lahan baru, tepatnya disamping lahan pembuangan yang lama
Lahan tersebut masih milik Perhutani kabupaten Tuban.

Namun Semen Gresik perlu adanya aturan lebih lanjut untuk melakukan pembuangan dilokasi baru ini. Diantaranya dengan melakukan komunikasi dengan pihak pengelola lahan, agar dapat digunakan sebagai lahan limbah.

“Kami akan memfasilitasi tuntutan warga, dengan memberikan lahan baru untuk membantu menambah pendapatan mereka. Namun semua ada perijinan dan proses, yang jelas kami akan mengusahakan agar ini bisa terlaksana,” jelasnya.

Foto : Warga Desa Karanglo, Kec. Kerek saat menggelar aksi unjuk rasa

Facebook Comments

About the Author