Published On: Sab, Mar 31st, 2012

Lagi, TKI Asal Kecamatan Montong Meninggal Dunia

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

MONTONG

ilustrasi - mobile.seruu

seputartuban.com – Kabar Duka meninggalnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Tuban kembali menyeruak. Kali ini TKI asal di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kab. Tuban dikabarkan kepada keluarganya telah meninggal pada Rabu (28/3) lalu di Malaysia karena tidur mengigau.

Kortubi (35), warga Rt. 02 Rw 01, Desa Sumurgung, Kec. Montong, Kab. Tuban ini sudah bertahun-tahun bersama istrinya melancong kenegeri Jiran bersama istri dan kedua anaknya. Dan rencananya keluarga ini akan pulang ke kampung halaman pada bulan Juni mendatang.

Namun kepulangan Kortubi akan berbeda sejak kabar meninggalnya bapak dua anak ini diterima ibu kandungnya beberapa hari lalu. Menurut informasi yang berhasil didapatkan mengatakan bahwa awal kejadian bermula sekitar pukul 24.00 waktu setempat kondisi TKI ini masih seperti biasanya, yakni sedang bercanda tawa dengan anak dan istrinya.

Namun sesaat kemudian tidur hingga mengigau. Istri yang mengetahui kejadian ini berusaha membangunkan suaminya dengan cara digerak-gerakkan badanya, ditepuk-tepuk hingga dipindahkan kelantai dengan harapan suaminya cepat sadarkan diri.

Namun usaha itu nampaknya tidak membuahkan hasil, Kortubi masih saja mengingau dan akhirnya meninggal dunia. kemudian istrinya yang asli dari Kec. Palang ini melaporkan kabar duka kepada keluarga dikampung halaman bahwa suaminya telah meninggal dunia.

Hingga saat ini, Jenazah TKI ini masih di Malaysia untuk dilakukan otopsi di rumah sakit setempat sambil menunggu kelengkapan administrasi.

Tetapi kabar duka semakin terasa sakit karena pihak keluarga mendapatkan kabar ahwa pihak Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang diikuti oleh Kurtubi bertanggung jawab biaya pemulangan hanya sampai Bandara Juanda, selebihnya perjalanan hingga kerumah duka ditanggung keluarga.

Kepala Desa Sumurgung, Kec. Montong, Dwi Leksnono Widodo mengatakan kepulangan jenazah warganya yang melancong kenegeri seberang ini diperkirakan pulang pada Minggu (1/3/2012) mendatang, “saya berharap segera dipulangkan ada perhatian dari Disnaker Kabupaten Tuban dan PTJKI. karena issuenya karena tanggung jawab sampai bandara juanda. sisanya biaya sendiri,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Pemkab Tuban, Siti Nurjanah saat dikonfirmasi terkait hal ini melalui ponselnya tidak mendapat jawaban. Berkali-kali wartawan ini mengubungi hanya terdengar nada tulalit.

Diketahui, hingga saat ini pihak pemerintah Kecamatan Montong, maupaun Dinas sosial dan tenaga kerja Pemkab Tuban belum pernah mendatangi keluarga korban TKI meninggal.

Sebelumnya Sulaiman (37), TKI asal Desa Bringin, Kec. Montong, juga meninggal di Arab Saudi. Hingga dua bulan jasadnya baru dapat dipulangkan, dan saat kepulanganya korban tidak diberikan asuransi dan hanya diberikan santunan sebesar Rp. 1,5 Juta dari pihak perantara PJTKI dari Jakarta.

Facebook Comments

About the Author