Published On: Sen, Agu 13th, 2018

Lagi Akan Digelar Upacara Kemerdekaan Dari Dalam Gua Putri Asih

seputartuban.com, MONTONG – Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di dalam Gua Putri Asih, kawasan Hutan Perhutani Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nguluhan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mulyoagung, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan. Atau masuk kawasan administrasi pemerintahan Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban akan kembali dilakukan. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 4 tahun terakhir dengan sebagai inspektur upacara secara bergiliran Pimpinan Daerah Kabupaten Tuban.

Susana Forkopinda Forkopimka
Dan Ladies sat mengikuti upacara

Pengelola Gua Putri Asih, Cipnal Muchlip M, Minggu (12/8/2018) mengatakan upacara kali ini juga seperti tahun-tahun sebelumnya. Yang bertindak sebagai Irup juga pimpinan daerah. “Tahun sebelumnya Pak Kapolres dan Pak Dandim sudah pernah. Meski tidak jadi Irup, beliau-beliau juga berkenan hadir. Wujud kebersamaan dengan masyarakat dan upaya nyata membangun nasionalisme langsung dengan masyarakat serta wujud kedekatan antara pemimpin dengan yang dipimpinnya. Kami berharap tahun ini juga sama,” katanya.

Pengurus gua yang juga penggiat sosial itu menambahkan direncanakan peserta upacara juga lintas sektor. Mulai pelajar, lintas masyarakat, lintas organisasi silat dan lintas komunitas. Juga para aparatur pemerintah serta tokoh masyarakat akan diundang untuk hadir. “Seperti tahun-tahun sebelumnya waktunya juga siang. Untuk petugas upacara dari masyarakat dan saudara-saudara dari Perhutani,” imbuhnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan nasional di masyarakat. Sudaj banyak dari muka bumi Indonesia yang upacara, maka kegiatan ini wujud menguatkan dari dalam bumi. “Semoga kita bisa konsisten, kita tinggal mengisi kemerdekaan saja kalau keberatan ya kurang baik. Karena para pejuang bangsa merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa dengan seluruh jiwa, raga dan harta,” ungkapnya.

Lebih dari itu, dengan kebersamaan dalam upacara akan menguatkan keberagaman dalam bingkai persatuan masyarakat. Karena melalui kegiatan itu, pimpinan masyarakat, pimpinan pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat menjadi satu. “Harapan kita, ini menjadi momentum bersama untuk menjaganya. Karena ini menjadi kebutuhan kita bersama, seperti jargon yang sudah dikenal yakni Kita Adalah Indonesia,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Berita tahun sebelumnya :

Kapolres Tuban Pimpin Upacara Didalam Gua Putri Asih

 

Pesan Nasionalisme Dari Dalam Gua Putri Asih

 

Facebook Comments

About the Author