Published On: Sel, Agu 16th, 2016

Kurangi Penderitaan Masyarakat, Pemdes Rahayu Bangun Saluran Air

SOKO

seputartuban.com – Kurang berfungsinya saluran air membuat sejumlah rumah warga di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban menjadi langganan korban genangan banjir saat curah hujan lebat. Sehingga membuat Pemerintah Desa harus proaktif mengenti kondisi rakyatnya, hingga akhirnya pembangunan saluran air dilakukan.

DEMI MASYARAKAT : Proses pengerjaan pembangunan saluran air yang melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja

DEMI MASYARAKAT : Proses pengerjaan pembangunan saluran air yang melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja

Sebelumnya, saluran air yang ada tidak terbuat dari bangunan permanen. Sehingga selain sempit serta pendangkalan, tidak sebanding dengan volume air yang harus ditampung. Menyebabkan air meluber dan menggenangi pemukiman warga saat hujan lebat.

Kondisi inilah menjadi salah satu masalah yang dihadapi warga. Sehingga warga setempat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa mengusulkan agar segera dilakukan pembangunan saluran air. Agar langganan menjadi korban banjir tidak terus berlangsung.

Usulan itu kemudian menjadi prioritas penanganan desa. “Pengerjaan pembanguna saluranya sudah dimulai sejak Kamis, (23/6/2016) lalu. Dan sekarang sudah memasuki tahap 60 %,” ungkap Kepala Desa Rahayu, Sukisno. Senin, (15/8/2016) siang.

MENGURANGI PENDERITAAN : Bangunan saluran air hampir rampung dikerjakan

MENGURANGI PENDERITAAN : Bangunan saluran air hampir rampung dikerjakan

Pengerjaan pembangunan saluran dengan panjang keseluruhan mencapai 850 meter yang terbagi di 3 lokasi berbeda itu sangat diperhatikan Pemdes. Sebab kondisi saluran sebelumnya sudah tidak lagi mampu mengalirkan air dengan normal saat hujan. Saat ini, tahapan pengerjaan saluran dengan kedalaman 60 cm serta lebar 60 cm tersebut baru dapat dilaksanakan sepanjang 700 meter.  Sedangkan sisanya dengan panjang 150 meter masih dilakukan penggalian.

Pembangunan ini sangat membantu meringankan beban masyarakat dalam jangka pendek dan jangka panjang. Serta menambah penghasilan masyarakat. Karena tenaga kerja pembangunan juga dilakukan oleh masyarakat setempat. Selain saluran air, juga akan dilakukan perbaikan jalan lingkungan. Karena infrastruktur kedua fasilitas umum tersebut masih sangat dibutuhkan masyarakat.

“Dengan alokasi anggaran yang cukup besar ini maka tidak ada lagi alasan bagi kami selaku pemerintah desa untuk tidak melakukan pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegas Mujiono selaku Ketua Pelaksana Kegiatan yang sekaligus menjabat sebagai Kaur Pemberdayaan dan Pembangunan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author