Published On: Kam, Jan 28th, 2016

Kurangi Kerugian Petani, TNI dan Masyarakat Bersihkan Avour

PLUMPANG

TULUS : Anggota Koramil Plumpang dan masyarakat saat membersihkan sungai avour

TULUS : Anggota Koramil Plumpang dan masyarakat saat membersihkan sungai avour

seputartuban.com – Curan hujan di Kabupaten Tuban selama beberapa hari terakhir sangat tinggi. Berdampak meluapnya sejumlah sungai di Tuban. Salah satunya sungai avour yang melintasi Kecamatan Soko, Kecamatan Rengel, Kecamatan Plumpang, hingga Kecamatan Widang.

Di kawasan Kecamatan Plumpang yang dikenal sebagai lumbung penghasil padi perlu mendapat perhatian serius. Agar luapan sungai avour tidak terlalu lama merendam tanaman padi petani. Yang dapat berdampak tanaman padi membusuk.

Atas kondisi itu, anggota Koramil Plumpang dan petani, di kawasan Dusun Kunir, Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Senin (27/1/2016) bahu-membahu mengurangi dampak banjir. Dengan membersihkan saluran sungai dari tumbuhan klorak serta lumpur. Karena kondisi sungai yang sempit dan arus air terhambat tumbuhan dapat memperparah kondisi banjir. “Untuk memperlancar arus sungai, sehingga air cepat ke hilir sungai,” ungkap Danramil Plumpang, Kapten Inf Istoha.

KOMPAK : Warga dan anggota Koramil Plumpang saat membersihkan tumbuhan klorak ditengah banjir sungai avour

KOMPAK : Warga dan anggota Koramil Plumpang saat membersihkan tumbuhan klorak ditengah banjir sungai avour

Koramil berperan untuk memberikan dorongan kepada masyarakat. Agar bersama-sama berperan aktif dalam mengurangi dampak banjir. Sehingga petani juga tidak mengalami kerugian cukup banyak serta tidak terlalu mengganggu hasil panen padi.

“Kita sebagai aparat komando kewilayahan harus bersama-sama masyarakat. Untuk mengatasi kesulitan agar permasalahan dapat diatasi,” imbuhnya.

Diketahui, Kecamatan Plumpang sebagai lumbung padi areal persawahanya dapat ditanami sepanjang tahun. Meliputi desa Kedungrojo,Cangkring,Plumpang,Sembungrejo,Plandirejo,Bandungrejo,Klotok dan Magersari. Karena lokasinya dapat dialiri irigasi yang bersumber dari sungai bengawan solo. Namun saat hujan lebat, kawasan persawahan mudah tergenang akibat luapan sungai avour. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author