Published On: Ming, Jan 29th, 2017

Kurang Tidur Rawan Kematian

seputartuban.com, TUBAN – Tidur memiliki peran penting bagi tubuh karena pada saat tidur tubuh akan merawat kesehatan fisik dan mental manusia. Fungsi itu penting agar tubuh mendapat kesegaran saat bangun sehingga selanjutnya siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Ilustrasi tidur

Selain itu, tidur juga ikut menunjang pertumbuhan, terutama  pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan. Sedangkan kebutuhan tidur tiap orang tidak sama. Namun bagi kebanyakan orang, delapan jam waktu tidur berkualitas adalah kisaran yang dibutuhkan agar fungsi penting di atas dapat berjalan optimal.

Yang terbaik adalah mengetahui seberapa banyak tubuh membutuhkan tidur dan sebisa mungkin mencukupinya. Bagi anak-anak dan remaja, kebutuhan tidur mereka setengah jam hingga satu jam di atas kisaran normal. Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi bisa menyebabkan lelah saat bangun tidur atau menguap sepanjang hari. Kurang tidur juga dapat menyebabkan menderita penyakit serius yang berujung pada kematian.

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi mengatakan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan terserang penyakit serius yang berisiko diderita oleh penderita insomnia yaitu penyakit jantung. baik berupa serangan jantung maupun gagal jantung. Ketahuilah bahwa tidur berperan penting bagi kemampuan tubuh seseorang dalam menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. “Itulah kenapa seseorang yang kurang tidur cenderung rentan menderita penyakit serius terkait kardiovaskular,” kata Saiful Hadi, kemarin.

Penderita insomnia juga mungkin menderita irama detak jantung yang tidak normal (aritmia), diabetes, stroke, atau tekanan darah tinggi. Selain itu juga dapat menyebabkan menurunnya performa seks, menurunnya daya ingat dan juga mempercepat penuaan dini. “Kebutuhan tidak kita itu selama 24 jam adalah 5 sampai 8 jam,” ujarnya.

Saiful menambahkan, bahwa perlu dan pentingnya tidur dan beristirahat, karena sel-sel tubuh manusia perlu istirahat. Bila sel tubuh sering bekerja, maka daya tahan tubuh akan melemah dan menimbulkan penyakit berbahaya yang berujung kematian. “Kita harus selalu membiasakan hidup teratur, berolahraga, makan buah-buahan, agar tidak mudah terserang penyakit,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author