Published On: Sen, Agu 25th, 2014

Kuatkan Nasionalisme Melalui Karnaval Sejarah Dan Budaya

Share This
Tags

KEREK

MERIAH : Salah satu peserta mengusung tema sejarah kerajaan Majapahit

MERIAH : Salah satu peserta mengusung tema sejarah kerajaan Majapahit

seputartuban.com – Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 69 sebagai sarana meningkatkan rasa nasionalisme terhadap masyarakat. Melalui banyak cara dan beragam kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun masyarakat secara mandiri.

Seperti yang terjadi saat karnaval di Kecamatan Kerek, Sabtu (23/8/2014). Dengan tema sejarah, diharapkan peserta dan masyarakat rasa nasionalisme lebih meningkat. Serga menghargai keberagaman di Indonesia. Lebih dari itu, pesan untuk tetap menjaga kebudayaan juga tersampaikan kepada masyarakat.

“Ini sebagai bentuk memeriahkan HUT RI yang ke-69 tahun, dan sebagai bentuk pelestarian budaya yang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat,” jelas Chusnul Huda, Panitia PHBN Kec. Kerek.

Peserta karnaval menyajikan tontonan beragam, mulai sejarah berdirinya candi prambanan, keberagaman pakaian adat maupun sejarah kerajaan di Indonesia. Bahkan peserta juga menyuguhkan budaya batik gedog yang menjadi ciri khas Kerek maupun Kabupaten Tuban.

“Hal ini juga sebagai ajang promosi terhadap budaya dan kerajinan warga Kerek yaitu batik gedog yang saat ini sudah banyak dikenal orang. Sehingga bisa lebih ditingkatkan dan membuat kesejahteraan masyarakat Tuban meningkat,” pungkas Chusnul.

Dalam kegiatan ini diikuti 30 peserta berasal 17 desa, 8 sekolah tingkat MTs/SMP dan 3 sekolah tingkat SMA/MA yang ada di Kecamatan Kerek. Selain itu, Camat Kerek beserta pegawainya dan kepala desa Se-kecamatan kerek ikut serta dalam pawai ini. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author