Published On: Jum, Apr 21st, 2017

Kuatkan Budaya Berbagi Berkah Gua Putri Asih

seputartuban.com, MONTONG – Wisata Gua Putri Asih sejak dibuka pertengahan tahun 2016 lalu terus memberikan manfaatnya kepada banyak pihak. Selain menjadi pendapatan usaha wisata Perhutani, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tuban, bagi hasil dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), anggota Koperasi Wono Asih, pedagang dari masyarakat sekitar juga berkah bagi keluarga miskin dan pejuang agama.

BUDAYA BERBAGI : Sekretaris Koperasi Wono Asih saat menyampaikan santunan kepada masyarakat sekitar

Budaya berbagi sesama sejak dibuka hingga saat ini terus dilakukan dari Gua Putri Asih. Melalui pengurus dan pekerja budaya berbagai kepada keluarga miskin terus dilakukan secara rutin. Dengan sasaran masyarakat Desa Nguluhan dan Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, desa sekitar wisata gua eksotis yang terus dikembangkan fasilitasnya itu.
Sekretaris Koperasi Wono Asih, Rhofik Susyanto mengatakan budaya berbagi dilakukan agar mendidik jiwa sosial sekaligus memberikan manfaat pengelolaan wisata lebih luas. “Agar banyak pihak yang mendapatkan manfaatnya. Sisi religi juga perlu dikuatkan meski secara perlahan,” ungkapnya, Jumat (21/4/2017)

Bantuan diberikan kepada fakir dan miskin berupa paket sembako. Bagi siswa kurang mampu berupa peralatan sekolah. Bagi guru mengaji berupa paket sembako. Termasuk bantuan pembangunan Masjid di Desa Nguluhan.

“Bantuan tidak dalam bentuk uang tunai, tapi barang. Itu sudah menjadi kesepakatan bersama. Yang menyerahkan adalah anggota koperasi yang rumahnya dekat dengan sasaran bantuan. Yang mengusulkan juga anggota koperasi,” katanya.

SEMANGAT PEDULI : Kegiatan berbagi sesama dilakukan secara berkala kepada masyarakat sekitar. Petugas wisata gua Putri asih saat menyalurkan santunan

Pemuda yang juga seorang pendekar itu menambahkan penambahan fasilitas akan dilakukan dalam waktu dekat. Yakni pavingisasi jalan masuk ke lokasi wisata yang kondisinya sudah rusak. “Saat ini sudah proses lelang, nilainya Rp. 300 juta lebih. Semoga perbaikan ini berdampak baik meningkatnya wisatawan. Sehingga dampak baiknya juga akan semakin banyak dirasakan banyak pihak,” harapnya.
Diketahui, untuk menunjang wisata Gua Putri Asih, pengurus koperasi bersama pemuda lintas perguruan/organisasi silat di Desa Guwoterus tengah mengembangkan wisata river tubing. Dengan pilihan jalur sungai Fun dan ekstrim. Lokasinya tidak jauh dari Gua Putri Asih. “Kalau sekitar ada wisata lagi, akan sangat potensial menarik wisatawan dari luar daerah,” ungkapnya.

Destinasi baru itu  mendapat tanggapan baik dari Pemkab Tuban, khusunya Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga. Bahkan Pimpinan dan staf Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Tuban melakukan uji coba. Serta menjadi bahan pemberitaan media cetak, online dan TV nasional.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author