Published On: Kam, Jun 25th, 2015

KPUD Tuban Butuh 4.164 Relawan Pemutakhiran Data

TUBAN

seputartuban.com – Beban berat disandang KPU Kabupaten Tuban untuk mensukseskan Pilkada Bumi Ronggolawe yang akan digelar 9 Desember mendatang. Salah satu pekerjaan berat itu adalah pemutakhiran data pemilih yang pada 26 Agustus harus sudah tuntas.

Berkaitan itu KPU Kabupaten Tuban akan membutuhkan 4.164 relawan yang sebagai petugas pemutahiran data pemilih (PPDP).

“Kebutuhan PPDP kali ini lebih banyak dibandingkan pemilu sebelumnya,” Kata Divisi Teknis dan Data KPU Kabupaten Tuban, Salamun, Kamis (25/06/2015) sore.

Menurut dia, hal itu disebabkan karena setiap TP) yang jumlah pemilihnya mulai dari 400 sampai 800 pemilih  ada dua orang PPDP. Sesuai daftar pemilih tetap (DPT) pelaksanaan Pemilihan Presiden lalu di Kabupaten Tuban terdapat 929.160 pemilih yang tersebar pada 20 kecamatan yang ada.

Salamun mengatakan, nantinya setiap TPS minimal diisi 400 pemilih dan maksimal 800 pemilih. Sehingga diperkirakan akan ada 2.082 TPS dalam coblosan pilkada 29 Desember nanti.

Namun begitu, data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang sudah dikirim KPU via email hingga kini masih belum bisa dibuka.

“Kita akan membentuk PPDP untuk melakukan pemutahiran data pemilih sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DPS). Petugas harus datang langsung ke rumah-rumah pemilih,” jelas Salamun.

Dia menyebutkan, untuk pendataan pemilih kali ini berbeda dengan sebelumnya. Selain setiap TPS terdiri dari dua petugas PPDP, masing-masing rumah yang sudah didata harus ditempel dengan stiker dan harus ada tanda terima.

“Kita berharap masyarakat juga proaktif, tidak menunggu didata. Bila ketinggalan harus lapor pada petugas,” katanya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author