Published On: Jum, Feb 27th, 2015

KPUD Tuban Belum Ajukan Anggaran Pilkada

TUBAN

pilkada 2015seputartuban.com-Meski sudah hampir pasti Pilkada Tuban jadi digelar Desember 2015, namun hingga sejauh ini komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Tuban belum mengajukan anggaran.

Ketua KPUD Tuban, Kasmuri, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyusunan anggaran di internal dan segera akan diajukan ke pemkab.

Seiring itu KPUD menunggu petunjuk teknis dari KPU pusat untuk penganggaran pelaksanaan suksesi lima tahunan dengan agenda memilih bupati dan wakil bupati ini.

“Kita masih menyusun anggaran di tingkat internal dulu. Kalau sudah oke segera akan kita ajukan ke pemkab,” jelas Kasmuri, Jumat (27/2/2015) siang.

Dijelaskan, setelah proses pengajuan rampung kemudian dilakukan pembahasan bersama antara KPUD  bersama pemerintah daerah untuk menyesuaikan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Tuban. Mengingat secepatnya KPUD akan menyusun alat kelengkapan seperti PPK, PPS dan penyusunan daftar pemilih.

Terpisah Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, menjelaskan pada prinsipnya pemkab menunggu pengajuan anggaran dari KPUD. Sebab yang pasti dalam APBD 2015 ini tidak dianggarkan untuk biaya pilkada. Namun, Pemkab Tuban akan mendanai pelaksanaan pilkada Desember mendatang melalui PAPBD.

“Kalau untuk kebutuhan awal ini, nantinya akan kita pakai dana tak terduga. Tapi pelaksanaannya nanti akan kita anggarkan melalui PAPBD,” katanya.

Selain itu, imbuh Noor Nahar, saat ini pemkab masih menunggu juknis serta jadwal dari KPU sehingga nantinya bisa menganggarkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Apalagi pelaksanaan pilkada itu tidak hanya dibiayai oleh APBD tetapi juga mendapatkan dana dari APBN,” sebut dia. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author