Published On: Rab, Jul 9th, 2014

KPUD Tuban Bakar 1.896 Surat Suara Pilpres Rusak

Share This
Tags

TUBAN

DIMUSNAHKAN : Surat suara Pilpres yang rusak dibakar di halaman kantor KPUD Tuban, Selasa (8/7/2014)

DIMUSNAHKAN : Surat suara Pilpres yang rusak dibakar di halaman kantor KPUD Tuban, Selasa (8/7/2014)

seputartuban.com –1.896 lembar surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang rusak dibakar di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban, Selasa 98/7/2014).

Pemusnahan surat suara rusak ini berdasarkan surat edaran KPU RI Nomor 1280 tentang surat suara rusak. Agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Pembakaran ini disaksikan Panwaskab dan Polisi.

Menurut Divisi Pendaftaran Pemilih KPUD Tuban, Salamun mengatakan pemusnahan ini agar surat suara yang rusak tidak disalahgunakan untuk penggelembungan suara atau kecurangan lainya.

“Jumlah surat suara rusak tersebut diketahui setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan di masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan kita sudah memperoleh pengganti dari surat suara yang rusak itu,” jelas Salamun.

Jumlah surat suara yang dibutuhkan oleh KPUD Tuban sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ditambah 2 persen surat suara cadangan sebanyak 948.754 lembar. “Kita harapkan pemungutan besok bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama, serta terciptanya demokrasi,” sambungnya.

Diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Tuban untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden   tahun 2014 ini sebanyak 929.858 pemilih. Jumlah DPT tersebut lebih banyak dibanding Pemilu Legislatif kemarin yaitu sebanyak 922.858 pemilih. Sedangkan, untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilpres sebanyak 2.082. Jumlah tersebut tersebar di 328 desa dan kelurahan dari 20 kecamatan se Kabupaten Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author