Published On: Sel, Des 8th, 2015

KPU Tuban Musnahkan 3.296 Surat Suara

TUBAN

Wujud Netralitas : Pemusnahan surat suara rusak dan lebih dilakukan di halaman KPU Kab. Tuban, Senin (7/12/2015)

Wujud Netralitas : Pemusnahan surat suara rusak dan lebih dilakukan di halaman KPU Kab. Tuban, Senin (7/12/2015).

seputartuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban memusnahkan  3.296 lembar surat suara, di halam Kantor KPU Tuban Jalan Pramuka, Senin (7/12/2015) jam 16.00 WIB. Pemusnahan dengan cara dibakar tersebut terdiri dari 470 surat suara lebih dan 2.826 surat suara rusak.

Ketua KPU Tuban, Kasmuri mengatakan pemusnahan tersebut wujud netralitas serta wujud transparansi penyelenggara Pemilukada. Sehingga tidak menimbulkan fitnah karena kelebihan dan kerusakan surat suara yang tidak jelas.

Bentuk kerusakan surat suara bervariasi, mulai kondisi sobek, warnanya budar, terdapat bercak dan tidak ada hologramnya. “Pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih kita lakukan hari ini, sebab pelaksanaannya pemungutan suara tinggal 2 hari lagi,” kata Kasmuri.

Sebelumnya, pihak KPU Tuban sempat menyampaikan surat suara mengalami kekurangan. Namun setelah didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) terdapat kelebihan, sehingga dilakukan pemusnahan. “Kemarin hasilnya belum final dan pengirimannya dilakukan 2 kali, hari ini hasilnya sudah final,“ jelasnya.

Posisi surat suara saat ini sudah berada di seluruh PPK. Dijadwalkan Selasa (8/11/2015) akan didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS). Mengantisipasi hujan, petugas PPK disarankan agar menutup kendaraan agar surat suara aman dari air. “Kita sudah perintahkan PPK agar berhati-hati dalam pendistribusiannya sebab saat ini sudah masuk musim hujan,” ujarnya.

Diketahui, dalam acara pemusnahan itu disaksikan oleh perwakilan dari Kejaksaan Negeri Tuban, Polres Tuban, Kodim 0811/Tuban dan Panwaslih Tuban. Namun saksi dari kedua pasangan calon tidak hadir. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author