Published On: Rab, Agu 21st, 2013

KPU Sosialisasi Pemilu Kepada Pelajar

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU K) Tuban melakukan sosialisasi tata cara Pemilihan Umum (Pemilu) terhadap pelajar di aula, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Tuban, Selasa (20/08/2013).

sosialisasi pemilih pemula

SOSIALISASI PELAJAR : Ternyata banyak pelajar yang belum mengetahui Pemilu

Sekitar 120 siswa dari 12 sekolah di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tuban mengikuti acara itu. Nampak antusias pelajar mengikuti setiap sesi acara, terbukti banyak yang bertanya tentang materi sosialisasi.

Sejumlah pertanyaan disampaikan pelajar, diantaranya bagaimana memperoleh surat suara, bagaimana masuk dalam DPT. Bahkan banyak pelajar yang mengaku belum memiliki identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun sudah berumur diatas 17 tahun. Pelajar tersebut merasa sudah memiliki hak untuk mendapatkan hak suara dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang.

Salah satu pelajar SMK di Kabupaten Tuban, Fadli Ahsani (17), warga Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, mengatakan dirinya belum pernah memperoleh pengertian atau informasi tentang Pemilu.

“Kita perwakilan dari sekolah. Banyak yang masih belum mengetahui regulasi pencoblosan. Saya belum memperoleh identitas, juga belum masuk DPT, tapi saya sudah 17 tahun. Terus saya tanyakan, ternyata bisa menggunakan kartu keluarga (KK), ” ujarnya.

Terpisah, Devisi Pendaftaran Pemilih KPUK Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistiarini saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula ini agar partisipasi pemilih dalam pemilu meningkat. “1 jam sebelum pengumuman surat suara dibuka, pelajar itu harus melapor pada KPPS, sehingga bisa dibuatkan Berita Acara (BA) khusus. Dengan catatan memilih di TPS sesuai keterangan penduduk,” jelasnya. (han)

Facebook Comments

About the Author