Published On: Rab, Jan 28th, 2015

KP3 Tuban Pelototi Distributor dan Kios Resmi

TUBAN

PUPUKseputartuban.com-Seiring meningkatnya harga dan kelangkaan pupuk bersubsidi di tengah masyarakat, Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten akan terus melakukan pemantauan terhadap distributor dan para kios resmi.

Ketua KP3 Kabupaten Tuban, Farid Achmadi, mengatakan sedang gencar-gencarnya melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pendistribusian pupuk yang dilakukan oleh PT Petro Kimia, terhadap distributor yang ada sebelum disalurkan ke kios-kios resmi yang ada.

“Kita mengharuskan supaya distributor memberikan laporan dari pupuk yang diterimanya dan pendistribusiannya, sehingga tidak terjadi penyelewengan,” tegas Farid, Rabu (28/1/2015) siang.

Dia menjelaskan, laporan yang disampaikan oleh para distributor ini nantinya akan dicocokkan dengan luas lahan yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, kios-kios resmi juga harus membuat laporan penerimaan pupuk dari distributor dan menyalurkan terhadap petani yang ada di desanya masing-masing.

Sesuai dengan peraturan yang ada, distributor harus mendistribusikan pupuk di wilayahnya itu, dan kios juga harus menjual pupuk terhadap warganya. Tidak diperbolehkan menjual pupuk diluar area yang sudah ada.

“Apabila ada kios resmi yang melanggar akan diperingatkan. Tapi tidak menutup kenungkinan dilakukan penutupan,” tutur Farid.

Hanya saja, kata dia, saat ini masih terkendala dalam pengawasan karena kekurangan personil. Selain itu, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban saat ini tengah melakukan pendataan para petani yang bercocok tanam di tanah milik Perhutani.

“Dan mereka bisa diajukan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Sebab menurut Petro Kimia mereka boleh mendapatkan pupuk bersubsidi,” ujar Farid

Disebutkan, saat ini di Kabupaten Tuban ada sebanyak enam distributor pupuk dan 237 kios resmi yang tersebar pada 20 kecamatan.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author