Published On: Kam, Apr 19th, 2018

Korban Jembatan Ambruk, Truk Dipotong Baru Dapat Dievakuasi

seputartuban.com, WIDANG – Proses evakuasi truk yang terperosok akibat ambruknya jembatan Cincin Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dengan Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan butuh waktu lama. Sejak kejadian, Selasa (17/4/2018) siang hingga Rabu (18/4/2018) baru dapat berhasil. Hal itu disebabkan karena sulitnya medan dan berat kendaraan ditambah beban muatan membuat proses evakuasi lama.

LAMA : Proses evakuasi truk yang terperosok akibat jembatan ambruk

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPPJN) I, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, I Ketut Wardhana, Rabu (18/4/2018) mengatakan dalam rapat koordinasi lintas sektor menghasilkan dua skenario dari hasil pertimbangan kondisi medan dan berat kendaraan.

“Yang pertama akan dipakai “crane” yang 25 ton. Yang kedua truk akan dipotong-potong sehingga tidak diangkat utuh bisa dipotong menjadi 2 sampai 3 bagian,” ungkapnya.

Cara memotong truk menjadi pilihan proses evakuasi. Karena hal itu paling dapat dilakukan dan potensi berhasil. Sehingga salam proses evakuasi dilakukan pemotongan truk. Nampak di lokasi petugas gabungan memasang tali dengan crane dan memotong truk bagian kabin.

“Ada 2 sisi evakuasi harus dilakukan dengan cepat dan aman kami juga harus mempersiapkan kontruksi yang baru dengan cepat dan aman juga. Sampai saat ini ada 1 truk yang belum diketemukan pemiliknya,” imbuhnya.

Ditambahkan, jembatan yang ambruk ditargetkan sudah dapat dipakai saat mudik lebaran. Sehingga sejak Rabu (18/4/2018) sudah dipersiapkan mengangkat jembatan pengganti. Team yang akan melakukan pekerjaan itu sudah melakukan survey lokasi.

“Sementara itu jika tidak ada halangan H-10 sudah dapat berfungsi, hari raya pertengahan juni. Berarti H-10 itu awal Juni sudah bisa selesai dan semua kendaraan bisa lewat. Perbaikan hanya dititik yang runtuh saja selanjutnya baru kita fikirkan, mudah-mudahan tahun 2019 kita bisa ganti total,” harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author