Published On: Sab, Agu 18th, 2018

Konsisten, Forkopimda Tuban dan Masyarakat Upacara Dalam Gua Putri Asih

seputartuban.com, MONTONG – Banyak cara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73. Salah satunya seperti yang dilakukan di Gua Putri Asih, kawasan Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat (17/8/2018) siang.  Pimpinan Daerah Kabupaten Tuban bersama lintas instansi dan masyarakat melaksanakan upacara di dalam gua.

KITA INDONESIA : Suasana upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Ruang 2 Gua Putri Asih

Pengibaran Bendera Merah Putih tahun ini dilakukan sudah ke IV kalinya. Dalam kesempatan ini bertindak sebagai inspektur upacara (IRUP) adalah Ketua DPRD Tuban, H. M. Miyadi. Ketua dewan itu juga memiliki komitmen yang sama untuk menjaga konsistensi upacara di dalam gua. Seperti Dandim 0811 Tuban dan Kapolres Tuban yang tahun sebelumnya berturut-turut sebagai IRUP.

Dihadapan 120 peserta upacara di ruang 2 Gua Putri Asih, Miyadi dalam sambutannya mengatakan mengisi kemerdekaan adalah tugas bersama. Sehingga perlu dilakukan sinergitas lintas batas. Tidak hanya tugas para pemimpin, staf pemerintah atau instansi vertikal saja. Melainkan seluruh komponen masyarakat harus terlibat aktif.

DEMI MASYARAKAT : Ketua DPRD Tuban, H.M. Miyadi saat menjadi inspektur upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Ruang 2 Gua Putri Asih

“Mengisi kemerdekaan adalah tanggung jawab kita bersama. Kita semua memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga NKRI. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Kami berharap pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan seperti ini agar terus dipertahankan,” katanya.

Ketua Pengelola Gua Putri Asih, Cipnal Muchlip M mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono dan Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto yang berkenan hadir. Sebagai wujud kedekatan dengan masyarakat sekaligus komitmen menjaga acara yang syarat pesan moral itu terus dijalankan.

Karena menurutnya, dengan upacara di dalam Gua Putri Asih yang berada di kawasan hutan jati akan lebih menguatkan mengenang jasa para pahlawan. Karena para pejuang bangsa, dalam menghimpun kekuatan melawan penjajah banyak dilakukan di kawasan hutan atau gua. “Ini bukan sekedar upacara, lebih dari itu agar kita dengan mudah ingat jasa para pahlawan. Sehingga kita akan semakin termotivasi untuk mengisi kemerdekaan dengan hal positif,” katanya.

KOMPAK : Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono dan Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Nurwicahyanto didampingi Forkopimka saat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Gua Putri Asih

Selain itu, ada pesan kerukunan, pesan sinergitas lintas batas dalam upacara ini. Juga pesan kedekatan pemimpin dan rakyatnya, karena saat upacara semua mendapatkan perlakukan yang sama. “Kami berharap upaya baik ini mendapat dukungan banyak pihak. Karena juga ada pesan penyelamatan lingkungan agar terus terjaga. Serta agar Bendera Merah Putih tetap dikibarkan di darat, laut, udara juga di dalam bumi agar penanaman patriotisme merata,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir Waka Adm  Perhutani KPH Parengan dan jajaran, Pimpinan Kecamatan Montong, Kepala UPT, Kepala KUA, anggota Pramuka, anggota organisasi/perguruan silat PSHT, IKS PI Kera Sakti, Margaluyu 151 dan Bunga Islam. Juga komunitas Sahabat Siaga, EMCI dan Scooterist Ronggolawe Bersatu. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author

Videos