Published On: Kam, Agu 11th, 2016

Kapal Aman, Nelayan Nyaman, Melaut Terus Jalan

PALANG

seputartuban.com – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), pada kesempatan ketiga kalinya, Rabu (10/8/2016), melakukan sosialisasi zona keamanan dan keselamatan fasilitas Floating Storage and Offloading (FSO) Gagak Rimang, kepada para nelayan, di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.

DIDIK NELAYAN : Foto bersama usai kegiatan sosialisasi jarak aman Gagak Rimang

DIDIK NELAYAN : Foto bersama usai kegiatan sosialisasi jarak aman Gagak Rimang

Government Relation Supervisor EMCL, Rexy Mawardijaya, mengatakan bahwa sosialisasi yang dipusatkan di Balai Desa Panyuran, Kecamatan Palang tersebut merupakan sosialisasi yang ketiga kalinya. Sebelumnya sudah dilakukan di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, sekitar bulan Mei dan di Kantor Kecamatan Tuban pada Jumat (3/6/2016).

Rexy menjelaskan, tujuan dari sosialisasi secara jemput bola untuk memberikan pendidikan kepada para nelayan di Kecamatan Palang. Terkait jarak aman perahu nelayan terhadap FSO terapung di lepas pantai Kabupaten Tuban.

“Memberi pemahaman kepada nelayan dalam melaut agar memperhatikan jarak aman dan keselamatan dari menara tambat dan kapal penampung minyak mentah,” katanya.

Dari perhitungan satuan Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) Tuban bahwa jarak aman minimal 500 meter dari kapal penampung minyak mentah. Namun untuk lebih amannya minimal 1 Kilometer. Selain itu, Menara tambat FSO Gagak Rimang juga bermanuver 360 derajat. Sehingga ketika ada kapal minyak datang, sangat berbahaya bagi perahu nelayan yang mendekat.

Sementara, Staf Humas Perwakilan SKK Migas Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, Arif Abadil Gulam, menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut sangat penting bagi nelayan Tuban. Meskipun FSO Gagak Rimang beroperasinya belum genap lima tahun, namun harus diwaspadai semua pihak, khususnya para nelayan.

“Semua pihak termasuk nelayan harus turut serta menjaga objek vital negara. Kita sadarkan nelayan, untuk punya rasa memiliki objek vital tersebut,” pungkas Arif.

Diketahui, sosialisasi tersebut juga dihadiri SKK Migas, HNSI Tuban, Pimpinan Kecamatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Tuban. puluhan pengurus Rukun Nelayan Desa Panyuran dan Desa Kradenan, Kecamatan Palang.  USUL PUJIONO

Akses Exxonmobile

Facebook Comments

About the Author