Published On: Sab, Agu 5th, 2017

Komitmen Baru, Manajemen PT Pertamina EP Asset 4 Kunjungi Tokoh Lintas Generasi

seputartuban.com, BANGILAN –  Usai menuai protes warga akibat mobilisasi alat berat beberapa waktu lalu,  Manajemen PT Pertamina EP Asset 4 lakukan silaturahmi kepada para stakeholder di sekitar wilayah operasi di Cepu Field. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban yang merupakan salah satu lokasi yang terdampak lintasan operasi Cepu Field.

KOMUNIKASI BARU : Pimpinan PT Pertamina EP Cepu Asset 4 saat berkunjung ke rumah Mujoko Sahid

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Didik Susilo selaku Asset 4 General Manager, Heru Irianto selaku Cepu Field Manager dan Agustinus selaku Asset 4 Legal & Relation Manager.

Mujoko Sahid salah satu tokoh masyarakat Bangilan sekaligus tokoh budayawan Tuban,  yang menerima kunjungan dari manajemen PT Pertamina Asset 4,  Selasa (31/7/2017) menyampaikan bahwa General Manager PT Pertamina EP Asset 4 cepu telah berkunjung ke rumhahnya.

“Kunjungan tersebut terkait permintaan maaf dari pihak manajemen PT Pertamina EP Asset 4 atas banyaknya diskomunikasi dengan adat selama ini”, ujar Mujoko Sahid yang akrab dipanggil Kang Sahid itu.

Mujoko Sahid menambahkan bahwa dari kejadian ini kiranya menjadi hikmah bersama bagi semua untuk sungguh – sungguh dijadikan sebuah pembelajaran. “Prinsipnya adalah dimana kaki berpijak disitu sudah semestinya langit dijunjung. Ibaratnya begitu sulitnya membangun sebuah rumah tapi hanya butuh satu hari untuk merobohkannya”, tegas Mujoko Sahid.

Dalam pertemuan itu pihak Pertamina EP Asset 4 juga memperhatikan keseimbangan komunikasi antara pertamina dengan masyarakat.  Saling menjaga ikatan silaturahim yang sudah terbentuk, agar bisa memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan di daerah.

Menurut salah satu tokoh masyarakat lainya yang sekumpulan dengan Kang Sahid,  Wijianto mengatakan mestinya konflik sosial dengan Pertamina EP Asset 4 tidak perlu terjadi jika sejak awal ada komitmen menjaga kearifan lokal dari pucuk pimpinan.  Sehingga tidak perlu diprotes dulu baru berubah sikap baik dengan menjaga kearifan lokal.

“Contoh yang baik itu seperti tokoh Pertamina (PT Pertamina EP Cepu Asset 4) sebelumnya.  Meskipun beliau dulu bukan pucuk pimpinan tertinggi.  Cara beliau sangat perlu dipakai karena sangat memanusiakan manusia,” kata tokoh yang juga Sekretaris Desa Sidodadi itu, Jumat (4/8/2017).

Dia juga mengapresiasi langkah koordinatif yang dilakukan PT Pertamina EP Asset 4 dengan tokoh lintas generasi,  Kang Sahid. “Menemui tokoh setelah ada protes masyarakat itu baik.  Tapi lebih baik lagi sebenarnya tanpa ada protes sudah menemui dulu dan menjalin hubungan kemanusiaan yang baik,” pungkasnya. Nal

Facebook Comments

About the Author