Published On: Kam, Jun 16th, 2016

Komisi C, Jangan Ada Perpeloncoan Siswa

TUBAN

seputartuban.com – Masa Orientasi Siswa (MOS) akan dilakukan sekolah usai melakukan penerimaan siswa baru (PSB) ini. Anggota dewan menghimbau agar pihak sekolah mengawasi serius pelaksanaannya. Agar tidak terjadi praktek perpeloncoan atau kegiatan yang tidak mendidik dan berlebihan.

SERBA BEKAS: Salah satu kegiatan MOS yanhg berlangsung pada sebuah SMA di Tuban, Rabu (29/07/2015) pagi.

SERBA BEKAS: Salah satu kegiatan MOS yang berlangsung pada sebuah SMA di Tuban, Rabu (29/07/2015) pagi.

Anggota Komisi C DPRD Tuban, Edy Susanto mengatakan bahwa pihaknya masih menemukan  perpeloncoan penyelenggaraan dibeberapa sekolah. “Diharapkan agar tahun ini tidak ada lagi perpeloncoan yang mengatas namakan kegiatan MOS sebagai ajang pelaksanaanya. Dan sekolah harus bertanggung jawab dalam pengawasan kegiatan tersebut,” terangnya, Selasa (14/6/2016) siang.

Ia menuturkan, MOS merupakan masa dimana pihak sekolah mengenalkan seluruh aktifitas pendidikan didalam sekolah kepada siswa baru. Dalam bentuk berbagai kegiatan positif untuk membangun mental kedisiplinan para siswa.

Beberapa poin penting yang wajib dipahamkan kepada siswa saat MOS adalah visi dan misi sekolah serta memaksimalkan pendidikan pancasila dan kewarga negaraan. Serta mengajarkan kepada para siswa baru tentang etika dan tata cara berpakaian secara rapi selama berada dilingkungan sekolah.

Hasil pantauan anggota dewan itu, beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Tuban masih banyak diantaranya yang melaksanakan kegiatan MOS dengan berbagai kegiatan yang tidak mendidik. Bahkan dari kegiatan yang dilaksanakan terkesan mengajarkan pembodohan terhadap siswa. “Sudah barang tentu harus diisi dengan hal yang positif dan membangun kedisiplinan siswa bukan dengan kegiatan yang tidak mendidik,” pungkas Edy.

Meski secara jelas hal itu sudah diatur dalam permendiknas yang mengatur tentang kekerasan fisik maupun kekerasan mental, nampaknya masih diabaikan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author