Published On: Kam, Nov 12th, 2015

Komisi B Minta Disperpar Sepenuh Hati Kelola Wisata

TUBAN

Suasana rapat gabungan legislatif dan eksekutif

Suasana rapat gabungan legislatif dan eksekutif

seputartuban.com – Komisi B DPRD Tuban meminta agar Dinas Perekonomian dan Pariwisata sepenuh hati dalam pengelolaan pariwisata Tuban. Karena dinilai hingga saat ini belum dilakukan secara maksimal.

“Disperpar harus lebih serius dalam pengelolaan wisata yang ada, sehingga bisa meningkatkan PAD Tuban,” ujar Anggota Komisi B DPRD Tuban, Rasmani (10/11/2015) dalam acara rapat gabungan komisi dengan eksekutif terkait APBD 2016 di ruang rapat paripurna DPRD Tuban.

Hingga saat ini dinilai masih belum maksimal sarana dan prasarana wisata. Serta sistem pengelolaan masih perlu diperbaiki. Tuban perlu memiliki Perda tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA). Sebab dengan dibentuknya RIPDA tersebut program pengembangan wisata di Tuban bisa jelas. “Kabupaten Tuban perlu segera membentuk RIPDA agar pengembangan wisata lebih baik,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana mengatakan bahwa Pemkab Tuban akan menindak lanjuti apa yang menjadi masukan DPRD tersebut. Sebab dengan potensi wisata yang ada perlu dibentuk Perda tentang RIPDA tersebut. “Nanti akan kita rencanakan untuk penyusunan RIPDA, semoga 2016 nanti sudah bisa terbentuk,” jelas Sekda.

Selain itu, untuk pengembangan wisata, Pemkab berencana untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan wisata yang ada. Sehingga pengelolaannya bisa lebih maksimal dan menambah PAD Tuban. “Untuk pengelolaan wisata yang ada kita rencanakan untuk dikelola oleh pihak ketiga, seperti daerah-daerah lainnya,” sambungnya.

Sekda menambahkan dalam melakukan kerjasama tersebut harus benar-benar dengab rekanan yang profesional. Sehingga bisa dapat dijamin keberlangsungan dan jangka panjangnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author