Published On: Ming, Mei 1st, 2016

Komisi B DPRD Tuban, Konsep Pariwisata Harus Jelas

TUBAN

seputartuban.com – Menurut Komisi B DPRD Tuban, kurang maksimalnya pengelolaan wisata di Kabupaten Tuban karena belum memiliki konsep atau master plan yang jelas.

RASMANI: Dari potensi yang ada, pendapatan dari pengelolaan tempat wisata masih minim, sehingga akan kita dorong agar pengelolaannya lebih baik.

RASMANI: Dari potensi yang ada, pendapatan dari pengelolaan tempat wisata masih minim.

Sekretaris Komisi B DPRD Tuban, Rasmani mengatakan bahwa yang harus dilakukan tidak hanya pembangunan infrastruktur saja. Tetapi konsep dan strategi yang akan dilakukan harus jelas. “Selama tidak memiliki Rencana Induk Pariwisata (RIP) maka wisata di Tuban tidak akan berjalan dengan baik,” kata Rasmani kemarin.

Selain itu, juga perlu adanya peran serta masyarakat yang ada disekitar tempat wisata. Itu dapat terlaksana bila ada keseriusan dan peran aktif dari pemerintah daerah. Seperti halnya dengan mengadakan pelatihan atau trainning terhadap masyarakat sekitar tempat wisata. Pelatihan itu dapat berupa tatacara penyambutan wisatawan yang baik, kerajinan dan penggalian potensi lain disekitar wisata. “Selama ini hal itu tidak dilakukan, sehingga tidak ada peran serta dari masyakat,” ujarnya.

Dengan kurang maksimalnya pengelolaan wisata, mengakibatkan berkurangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata. Bahkan Pemkab mengalami kerugian antara biaya yang dikeluarkan dengan pendapatan yang diperoleh tidak sebanding. “Bila tidak ada kreatifitas dalam pengelolaan maka tidak akan bisa menambah PAD,” jelas Rasmani.

Rasmani menambahkan, sebenarnya bila tempat-tempat wisata di Tuban dikelola dengan baik, maka selain menambah PAD juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat disekitarnya. “Kita akan dorong agar secepatnya membentuk rencana induk wisata,” tegasnya.

Selain itu, juga pemahaman dan pembinaan terhadap petugas wisata agar mereka bisa lebih kreatif dan mengelola wisata dengan baik. “Petugas yang ada tidak memiliki ke kreatifitas dan tidak sepenuh hati,” pungkas politisi NasDem tersebut. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author