Published On: Sab, Mei 30th, 2015

Kodim 0811 Tuban Optimalkan Kesiapan Posko Bencana

TUBAN

SIBUK : Aktivitas salah satu sudut posko saat simulasi berlangsung

SIBUK : Aktivitas salah satu sudut posko saat simulasi berlangsung

seputartuban.com – Untuk tetap menyiagakan personilnya dalam menghadapi segala situasi termasuk bencana banjir, dilaksanakan simulasi posko bencana selama 3 hari di Makodim 0811 Tuban. Pola komunikasi kesiapsiagaan hingga penanganan bencana dilaksankan dalam simulasi ini.

“Kegiatan yang kami pusatkan di aula Kodim ini adalah kegiatan tanggap bencana dimana dalam prakteknya memberikan penanggulangan terjadinya bencana dari Wilayah Tuban dari pra bencana hingga pasca bencana,” ungkap Dandim 0811 Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto, Kamis (28/05/2015) ditengah simulasi.

SIAGA : Pemetaan wilayah

SIAGA : Pemetaan wilayah

Dalam simulasi ini dilibatkan sejumlah isntansi dalam penanganan bencana. Diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tuban, Dinas Sosial Kabupaten Tuban serta instansi lainya.

Dalam simulasi ini difokuskan penanggulangan maupun tanggap darurat banjir luapan sungai bengawan solo.

“Rangkaian kegiatan ini kami laksanakan dalam3 hari di mana pada hari pertama adalah kegiatan pra bencana atau dalam tahapan jelang terjadinya bencana. Tahapan hari ke dua adalah tahapan tanggap darurat bencana di mana saat bencana tersebut terjadi dan yang ketiga adalah dinamika pasca bencana,” jelas Dandim.

SEMANGAT : Dandim 0811 Tuban memimpin jalanya simulasi

SEMANGAT : Dandim 0811 Tuban memimpin jalanya simulasi

Usai kegiatan simulasi ini direncanakan akan dilakukan praktek simulasi lapangan. Dengan melibatkan berbagai instansi maupun masyarakat. “Tujuanya agar tetap siaga dari petugas sampai masyarakatnya,” katanya.

Simulasi ini mendapat pengawasan ketat dari jajaran Korem Mojokerto, Kodam V Brawijaya maupun Mabes AD. Untuk memastikan simulasi dilaksanakan dengan maksimal. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author