Published On: Sel, Jan 12th, 2016

Klasifikasi 3 SIM C Belum Diberlakukan di Tuban TUBAN

Share This

TUBAN

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dyno Indra Setiadi

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dyno Indra Setiadi

seputartuban.com – Polres Tuban belum akan memberlakukan ketentuan 3 kategori Surat Ijin Mengemudi (SIM) C menjadi 3 golongan. Karena belum mendapat perintah maupun dasar pelaksanaan program baru tersebut.

Berdasarkan surat pembaharuan Kakorlantas Polri nomor ST/271/II/2015 menjadi Nomor ST/2652/XII/2015 tertanggal 18 Desember2015. Disebutkan mulai 1 Mei 2016 akan diberlakukan ketentuan SIM C baru.

Untuk SIM C 1 mesin kurang dari 250cc. SIM C 2 untuk sepeda motor 250cc sampai 500cc. Serta SIM C 3 untuk kapasitas mesin 500cc keatas. Dalam surat itu penggantian serentak diberlakukan mulai Pebruari hingga April 2016. Sehingga 1 Mei 2016 sudah resmi diberlakukan.

Ketentuan itu nampaknya belum akan berlaku di Kabupaten Tuban. Karena Sat Lantas Polres Tuban belum mendapatkan perintah lisan maupun tulisan dari Polda Jatim.

“Untuk Polres Tuban sampai saat ini belum ada Perintah untuk memberlakukan peraturan tersebut. Baik melalui perintah resmi atau melalui surat telegramnya,” ungkap Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dyno Indra Setiadi, Selasa (12/1/2016).

Triwulan pertama 2016 belum dilakukan. Karena jika sudah mendapatkan perintah serta petunjuk pelaksanaanya dilakukan persipan internal maupun sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami belum menerima baik itu petunjuk maupun panduan aturan Juklak dan Juknisnya. Sampai denga saat ini kami masih menggunakan dan melayani permohonan pembuatan SIM C sebagaimana sediakala,” tegasnya.

Kondisi ini bertolak belakang yang dilkukan jajaran Polres Tuban lainya. Beredarnya pemberlakukan SIM C baru melalui media sosial bukan diluruskan. Bahkan akun media sosial dengan nama Humas salah satu Polsek melakukan sosialisasi pemberlakuan SIM C per-tanggal 1 Mei 2016, hal ini justru membuat masyarakat bingung. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author