Published On: Ming, Jun 1st, 2014

Kirab Mengenang Terbentuknya Tuban

Share This
Tags

TUBAN

MENJAGA SEJARAH : Aktivitas kirab budaya yang dilakukan RCC Tuban

MENJAGA SEJARAH : Aktivitas kirab budaya yang dilakukan RCC Tuban

seputartuban.com– Ronggolawe Creative Center (RCC) Tuban melakukan kirab budaya dengan tema Nusantara Terkubur 4. Sekitar 25 anggotanya melakukan kirab dari kawasan makam Ronggolawe, Jl. Ronggolawe, Kelurahan Sidomuloyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Setelah seluruh peserta kirab melakukan doa bersama di makam cucu dari Dandang Wacana (Bupati Tuban pertama). Terlihat ada seorang anggota kirab seolah menjadi Ronggolawe dengan menunggangi kuda. Dengan pernak pernik yang diserupakan zaman dulu.

Juga dilengkapi para abdi kerajaan dengan membawa bendera kebesaran. Tak ketinggalan pula para prajurit dengan berpakaian serba hitam. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka acara Bhayangkara Ronggolawe.Selain itu juga agara kisah cikal bakal terbentuknya Pemerintahan Tuban selalu dikenang oleh masyarakat luas.

Pembina RCC Tuban, Hengky saat ditermui di belakang rombongan kirab mengatakan acara ini untuk mengenang perjuangan Ronggolawe dalam mengusir penjajah. Selain itu, masih banyak ajaran dan filosofi yang dapat dijadikan pembelajaran. “Mengingat banyak remaja yang akan lupa dengan budaya Tuban, kita kirabkan,“ katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pengingat pentingnya bersilaturrohim di makam leluhur, Ronggolawe. selanjutnya akan diteruskan berziarah hingga ke Makam Dandang Wacana yang berada di Kecamatan Semanding, Tuban. “Kegiatan ini murni budaya. Tidak ada unsur politik seperti menjelang pemilu ini,“ ungkapnya. HANAFI

Facebook Comments

About the Author