Published On: Sen, Mar 4th, 2019

Kiprah Atlet Silat Senori Minim Perhatian Di Ladang Emas Hitam

seputartuban.com, TUBAN – Wilayah Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, menjadi ladang eksploitasi minyak bumi. Sedikitnya ada 2 lokasi yang hingga saat ini masih produktif. Namun meski sebagai wilayah penghasil minyak, namun ada yang tertinggal. Yakni perhatian kepada pendidikan generasi muda sekaligus pembinaan prestasi melalui pencak silat. 

Ketua Persaudaraan Setia Hati Terat (PSHT) Ranting Senori, Zaki Mubarrok, Minggu (03/3/2019) mengatakan pencak silat adalah warisan leluhur bangsa Indonesia. Selain itu sebagai sarana mendidik karakter positif generasi muda. Untuk menjadi manusia berbudi pekerti luhur. “Pendiri kami adalah pahlawan perintis kemerdekaan, sehingga nasionalisme itu terus kita ajarkan sampai sekarang. Selain menjaga budaya bangsa juga mendidik anak bangsa,” katanya. 

Disinggung soal prestasi anggotanya, pendekar yang juga seorang Kepala Madrasah itu menambahkan selama ini sejumlah kejuaraan tingkat kabupaten sudah diraih. Namun karena sejumlah hambatan belum dapat prestasi lebih tinggi belum didapatkan.”Kita belum dapat bantuan dari perusahaan di sini (Senori) meski ada sumber minyak. Tapi dibantu atau tidak kita tetap berupaya semampu kita. Karena kami diajarkan untuk tidak menggantungkan kepada orang lain,” imbuhnya. 

Saat ditanya kebutuhan pengembangan prestasi, Zaki mengatakan dibutuhkan sejumlah hal, selain pendanaan operasional juga sarana latihan yang memadahi. “Kami dan saudara-saudara kami tetap berupaya semampu kami karena sebagai pengabdian hidup untuk menebar kebaikan,” tegasnya. 

Di wilayah Kecamatan Senori terdapat lokasi sumber minyak di Desa Sidoharjo dan Desa Banyuurip. Hingga saat ini masih beroperasi, bahkan dikabarkan sumber minyak di Malo, Sidoharjo memiliki kualitas hasil terbaik se-Asia. 

Humas PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Pandjie Galih Anoraga, melalui aplikasi perpesanan menjawab kondisi ini. Secara tidak langsung membenarkan belum adanya bantuan. Namun dia menegaskan sudah membantu di wilayah Kecamatan Bangilan yang wilayahnya lebih jauh dari Kecamatan Senori.

“Intinya bila memang ada kegiatan positif di sekitar wilayah operasi kami, tentu memungkinkan untuk dilakukan pembinaan. Tentunya kami akan melihat prestasi dari tim pencak silat di Senori. Karena yang sudah kami lakukan sebelumnya di Bangilan pun sama, kami lakukan pembinaan terhadap pencak silat disana,” ungkapnya. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos