Published On: Rab, Feb 26th, 2014

Kinerja Relasi Diharapkan Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Keberadaan Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini diharapkan meningkatkan jumlah partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 9 April 2014. 25 personil Relasi bekerja ekstra sesuai Bimbingan Teknis, Selasa (25/2/2014) di Hotel Mahkota, Tuban.

KPUD Tuban saat melakukan sosialisasi Pemilu

KPUD Tuban saat melakukan sosialisasi Pemilu

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban, Soemito Karmani saat dikonfirmasi berharap kinerja Relasi dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Dengan melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok keagamaan, penyandang disabilitas hingga kelompok pinggiran. “Maka dari itu KPU RI mengabil kebijakan dengan membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) bisa mampu untuk meningkat partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilu ditahun 2014 ini,” jelasnya.

Dari data KPUD Tuban, dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Tuban 2011 partisipasi pemilih sebanyak 76,5 persen. Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgup), partisipasi pemilih sebanyak 56,02 persen. Sedangkan dalam pelaksanaan Pemilu 2009, partisipasi pemilih mencapai 66 persen. “Selamilah masyarakat sesuai dengan segmen yang menjadi tugasnya masing-masing. Sehingga bisa mengena (sosialisasi) kepada masyarakat,” pesan Karmani.

Relasi harus bisa menyampaikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat, sehingga menjadi sadar pentingnya pelaksanaan pemilu. Para relasi akan bekerja atau melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga pada saat pelaksanaan pemilihan bulan April mendatang. (lis)

Facebook Comments

About the Author