Published On: Ming, Nov 8th, 2015

Kilang TPPI Sudah Dioperasikan, Nyawa Tambahan BBM Indonesia

Share This
Tags

JENU

General Manager dan CRO PT TPPI, Masputra Agung : "Negara agar tidak makin rugi, TPPI segera dioperasikan."

General Manager dan CRO PT TPPI, Masputra Agung

seputartuban.com – Sejak awal Oktober 2015, kilang PT.TPPI telah beroperasi dibawah kendali manajemen Pertamina sesuai instruksi Pemerintahan. Untuk memproduksi bahan bakar minyak (BBM) agar impor pada tahun 2015 berkurang.

Kilang PT TPPI memproduk BBM/Petroleum yang dihasilkan adalah Solar, Fuel Oil  (minyak bakar kapal), Premium/Mogas 88, HOMC (High Octane Mogas Component) dan LPG.

Dalam pengoperasian kerjasama yang digunakan merupakan sistem Tolling. Yakni PT. Pertamina (Persero) menyediakan kondensate untuk diproses. Hasilnya semua produk diserahkan kepada Pertamina. Dengan sistem pendistribusian melalui pengapalan atau transfer ke TBBM Pertamina Tuban.

Periode Tolling ini direncanakan selama 3 bulan, selama periode ini kilang PT.TPPI hanya akan menjalankan unit yang memproduksi petroleum untuk menghasilkan produk BBM. Sementara unit petrochemical tidak dioperasikan (idle).

Dimulainya pengoperasian kilang PT.TPPI tersebut ditandai dengan datangnya bahan baku (kondensat senipah) dari Pertamina sebanyak 188 MB pada tanggal 2 Oktober 2015. Dilanjutkan dengan proses pengoperasian (Start up) kilang PT.TPPI dari unit Utilitas (pembangkit tenaga listrik, air pendingin, water treatment) pada tanggal 2 oktober 2015.

Produk Petroleum perdana adalah Solar dan Fuel Oil telah dihasilkan pada tanggal 6 oktober 2015, selanjutnya menghasilkan Mogas 88 & HOMC pada tanggal 7 Oktober 2015, selanjutnya menghasilkan Mogas 88 & HOMC pada tanggal 7 oktober 2015, serta LPG pada tanggal 10 oktober 2015.

Dan sudah dilakukan penyerahan kepada PT Pertamina fuel oil Sebanyak 35 KL pada tanggal 25 oktober 2015. Transfer Mogas 88 sebanyak 100 MB ke TBBM pada tanggal 23 Oktober 2015 dan 250 MB pada tanggal 30 oktober 2015. Serta pengapalan HOMC sebanyak 70 MB pada tanggal 2 november 2015.

“Beroperasinya kembali kilang TPPI Tuban oleh Pemerintah Republik Indonesia yang pengelolaannya dilakukan oleh PT Pertamina (persero) merupakan upaya untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. Sehingga dukungan positif dari masyarakat Tuban dan Indonesia umumnya akan berdampak pada keberlangsungan operasional Perusahaan, Bangsa dan Negara Indonesia,” jelas General Manager, Masputra Agung. USUL PUJIONO/release

Facebook Comments

About the Author