Published On: Kam, Apr 18th, 2013

Ketua Ponpes Al Ya’un Najwa Tersangka Joki UN

Share This
Tags

TUBAN

Joki UN

JOKI UN : Ketua Ponpes Al Ya’un Najwa, tersangka Joki UN Paket C saat ditunjukkan pada saat press release

seputartuban.com –  Ikwan Efendi (39), warga Dusun Singkil, Desa Mentoro, KecamatanSoko, Kabupaten Tuban resmi dijadikan tersangka. Dalam kasus Joki Ujian Nasional (UN) paket C yang diselenggarakan di Ponpes Al Ya’un Najwa.

Kasus ini terbongkar, ketika Selasa (16/04/2013) tim pengawas independen dari Universitas Airlangga (Unair) menemukan kejanggalan. Yakni peserta yang mengikuti UN tidak sesuai dengan daftar siswa. Hal ini kemudian dilakukan penyelidikan lebih lanjut, usai UN hari kedua tersebut.

Setelah pengumpulan bahan awal, pada malam harinya personil Sat Reskrim Polres Tuban melakukan penjemputan. Kepada 20 terduga joki dan pemilik Ponpes tersebut. Hingga Rabu pukul 02.30 WIB seluruhnya baru selesai dijemput dirumahnya masing-masing dan dibawa ke Mapolres Tuban.

Dalam press release di Mapolres Tuban, Rabu (17/04/2013). Kasubbag Humas, AKP Noersento didampingi Kasat Reskirm Polres Tuban, AKP Wahyu Hidayat mengatakan dari seluruh saksi yang diperiksa mengarah kepada pemilik Ponpes.

Joki UN

MENYESAL : Tersangka Joki UN sesekali menangis saat diliput wartawan pada press release di Mapolres Tuban

Dan hasilnya, Ikwan Efendi ditetapkan sebagai tersangka. “kita sudah tetapkan Pemilik Ponpes menjadi tersangka dalam kasus ini. Karena telah merugikan negara dengan memalsukan data. Ancaman paling lama 7 tahun penjara, “ ungkapnya.

Tersangka dijerat Pasal 266 (1) Jo Pasal  55 (1) ke 1 KUHP dan Pasal 266 (2) Jo Pasal 55 (1) ke 2 KUHP. Dengan hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun. Karena telah menyuruh 20 joki menggantikan siswa paket C di Ponpesnya.

Untuk kepentingan penyidikan, Polisi mengamankan barang bukti berupa 6 lembar Kartu Peserta UN Paket C. 2 amplop LJUN paket C mata pelajaran Geografi dan Sosiologi. 2 amplop berisi soal ujian paket C pelajaran Geografi dan Sosiologi.(han)

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. itoue berkata:

    rusaaaaaaaaaaaaaak naudzu billahi mindzalik