Published On: Ming, Feb 14th, 2016

Ketua DPRD, Dandim dan Kapolres Tuban Dinobatkan Pimpinan Peduli Lingkungan

MONTONG

APRESIASI : Usai penyerahan piagam penghargaan

APRESIASI : Usai penyerahan piagam penghargaan

seputartuban.com –  Persaudaraan Setia Hati Terate, Perhutani dan Forum Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMD) se KPH Parengan kompak memberikan penghargaan kepada 3 pimpinan daerah Kabupaten Tuban. Ketua DPRD Tuban, Dandim 0811 Tuban, dan Kapolres Tuban dinobatkan sebagai pimpinan daerah peduli lingkungan, Minggu (14/2/2016).

Penyerahan penghargaan dilakukan sebelum pelaksanaan penanaman pohon di kawasan Kerawak, hutan lindung Perhutani petak 9 A, RPH Mulyoagung, BKPH Mulyoagung, KPH Parengan. Kawasan Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Pemberian itu wujud apresiasi masyarakat kepada pimpinan daerah, atas sikapnya yang telah bertindak nyata turut aktif mendorong masyarakat untuk peduli lingkungan. Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo dan Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi hadir menerima penghargaan. Sedangkan Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan diwakili Kasat Sabhara Polres Tuban.

Penyerahan itu dihadapan 400 pendekar SH Terate dari Ranting Singgahan, Rayon Guwoterus, dan Rayon Sidonganti dan siswa SMK Kehutanan sebagai peserta penanaman pohon. Serta disaksikan langsung Ketua dan Wakil Ketua SH Terate Cabang Tuban, Adm dan Waka Adm Perhutani KPH Parengan beserta jajaranya, Muspika Kecamatan Montong, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Singgahan.

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo mengatakan menjelaskan bahwa inisiatif sebelum terjadi kerusakan merupakah hal yang sangat baik. Diharapkan setiap peserta penghijauan menjadi agen peduli lingkungan. Untuk mempengaruhi orang-orang disekitarnya agar turut aktif memiliki peduli terhadap kelestarian hutan.

“Berarti sudah sadar terlebih dahulu sebelum terjadi kerusakan, ini sangat bagus dan harus didorong untuk hal kebaikan. Hutan tidak hanya untuk menjaga sumber air, namun juga oksigen maupun mengurangi dampak buruk lainya akibat rusaknya lingkungan. Semoga langkah baik ini diikuti lainya,” tegasnya.

Senada diungkapkan, Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi mengaku dia sudah tidak asing dengan kegiatan itu, kala sudah lama pernah menjadi pendamping LMDH. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dibawah kepemimpinan pak Lamidi, SH Terate sudah bertindak nyata,” katanya.

Sementara itu, Ketua SH Terate Cabang Tuban, Lamidi mengungkapkan yang dilakukan Ranting dan Rayon jajaranya itu merupakan aplikasi dari pendidikan organisasinya. “Ini mengamalkan pendidikan SH Terate, sejak ada sudah memayu hayuning bawono. Namun bentuknya saja yang berbeda. Terima kasih kepada saudara saya semua dan pimpinan daerah, serta pihak Perhutani KPH Parengan. Awal yang baik ini mari kita lanjutkan,” ungkapnya.

Diketahui, penanaman pohon itu juga dihadiri jajaran Perhutani KPH Parengan, Waka Adm, Asper BKPH Mulyoagung dan Kepala RPH Perhutani hingga mandor. Muspika Kecamatan Montong, Danramil dan Kapolsek Singgahan. Serta siswa SMK Kehutanan di Singgahan. Penghijauan dengan menanam 2.000 pohon kepoh, 1.700 pohon trembesi, 300 pohon jambu klampok. MUHAIMIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author