Published On: Sel, Sep 18th, 2018

Kesiapan PAM Pemilu, Polres Tuban Simulasikan Sispam Kota Opsi Mantab Brata

seputartuban.com.TUBAN – Kesiapan Polres Tuban dalam pengamanan (PAM) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ditunjukkan. Selasa (18/09/2018) di halaman belakang Markas Polres Tuban (Mapolres) dilakukan simulasi Operasi (Ops) Mantab Brata 2018/2019. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kecakapan dan kesiapan personil dalam menjalankan tugas. Yakni PAM Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

SIGAP dan SIAP : Salah satu adegan dalam Simulasai Ops Mantab Brata 2018/2019 petugas mengamankan perusuh

Sebanyak 558 personil Polres Tuban, Polsek jajaran, Satpol PP  dan juga Lintas mengikuti simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota Opsi Mantab Brata 2018/2019.  Mereka menjalankan peran masing-masing sesuai tugas dan fungsinya dalam skenario pengamanan. Seluruhnya menjalankan secara maksimal sesuatu prosedur pengamanan yang telah diberikan.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, melalui Wakapolres Tuban, Kompol, Teguh Priyo Wasono mengatakan simulasi dilakukan untuk memastikan kesiapan personil dalam menyongsong pemilu 2019. “Kita antisipasi dengan banyaknya kemungkinan yang akan terjadi,” ungkapnya.

Dalam simulasi itu beragam adegan diperagakan diantaranya dimulai waktu kampanye, masa tenang, saat pemungutan suara berlangsung, adegan pengawalan kotak suara hingga penetapan hasil suara oleh KPU.

“Dengan adanya latihan ini sedikit banyak bisa memberikan gambaran personil. Satgas-satgas dalam operasi yang kaitannya dengan tugas pokok situasi di lapangan. Tentunya kita harus tetap siap dan sigap,” harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author