Published On: Sen, Agu 8th, 2016

Keseriusan Peremajaan Infrastruktur dan Suprastruktur Tuban Habiskan Rp. 326 Miliar

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com –Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban gelontorkan dana sebesar Rp 326.600.000.000 untuk pembangunan berbagai sarana infrastruktur hingga suprastruktur di Kabupaten Tuban. Selain wujud pelayanan kepada masyarakat juga untuk peningkatan taraf hidup masyarakat.

PELAYANAN INFRASTRUKTUR : Pelebaran jalan poros kecamatan sedang dikerjakan

PELAYANAN INFRASTRUKTUR : Pelebaran jalan poros kecamatan sedang dikerjakan

Sejak semester awal tahun 2016 ini, Jumat, (1/1/2016) hingga Sabtu (30/7/2016), pembangunan dari dana dari APBD Kabupaten Tuban itu sudah digunakan untuk pembangunan pada 4 Bidang. Yakni bidang jalan, bidang pemukiman, bidang pertamanan dan bidang pengairan.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Pemkab Tuban menjelaskan pada bidang jalan, pengerjaan yang sudah dilaksanakan Dinas PU Tuban meliputi pembangunan jalan dan jembatan serta pemeliharaanya. Pembangunan tembok penahan tanah serta sebagian digunakan untuk pembebasan lahan yang disiapkan unyuk pembangunan Jalur Lingkar Selatan (JLS). Pada bidang ini seluruh anggaran yang sudah digunakan sebesar Rp 57.900.000.000,-

Sedangkan pada bidang pemukiman, telah menggunakan dana sebesar Rp 4.450.000.000, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Yaitu untuk membangunkan rumah layak huni bagi keluarga miskin, pembangunan MCK, dan pembangunan jaringan sarana air bersih untuk menyuplai kebutuhan air bersih sebagai upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kemudian pada bidang pertamanan dan kebersihan Rp 1.530.000.000. Digunakan untuk biaya pengelolaan sampah serta biaya oprasianal kebersihan, pembangunan dan perawatan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), serta perawatan pemeliharaan dan penghijauan pohon dibeberapa wilayah.

Sedangkan pada bidang pengairan, Dinas PU telah mengerjakan pembangunan bronjong sungai sebagai antisipasi agar tidak terjadi abrasi. Jika tidak diperbaiki akan merugikan masyarakat. Pembangunan jaringan irigasi besar, pembangunan cek dam, serta normalisasi waduk dan sungai. Kegiatan itu sudah diselesaikan dengan biaya sebesar Rp 4.290.000.000. Sedangkan untuk biaya penerangan jalan, selama 7 bulan ini PJU menghabiskan biaya sebesar Rp 11.240.000.000.

Seluruh kegiatan pembangunan itu menghabiskan masa pengerjaan selama 30 hari hingga 90 hari. Lamanya pengerjaan tersebut disesuaikan dengan volume dan jenis pengerjaan. “Prosentase pekerjaan fisiknya sampai dengan akhir Juni sudah 30 persen yang sudah selesai, sedangkan 70 persen sisanya diperkirakan selesai akhir Agustus. Saat ini sudah menjelang final,” terang Sekertaris Dinas Pekerjaan Umum KabupatenTuban, Teguh saat ditemui kemarin. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author