Published On: Rab, Mar 12th, 2014

Kesadaran Pembuatan Akta Kematian Masih Rendah

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Kesadaran warga Kabupaten Tuban dalam mengurus penerbitan akte kematian nampaknya masih sangat rendah. Sejak Januari hingga Pebruari 2014, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) hanya menerbitkan 26 akta kematian permintaan masyarakat.

Kepala Bidang Catatan Sipil Kependudukan, Dispendukcapil Pemkab Tuban, Anita Cetrawati

Kepala Bidang Catatan Sipil Kependudukan, Dispendukcapil Pemkab Tuban, Anita Cetrawati

Menurut Kepala Bidang Catatan Sipil Kependudukan (Kabid Capilduk), Dispendukcapil Pemkab Tuban, Anita Cetrawati, saat diwawancarai di kantornya, Selasa (11/03/2014), menjelaskan rendahkan kesadaran ini karena masyarakat belum merasa butuh akta kematian.

Meskipun banyak manfaat yakni kebutuhan pemerintah untuk akurasi data kependudukan yang akan digunakan dasar beragam pembuatan dan pelaksanaan program. Serta  untuk mengurus  penetapan ahli waris, pengurusan sertifikat tanah, pensiunan hingga klaim asuransi serta persyaratan perkawinan bagi duda atau janda.

“selama ini pihak kita (Dispendukcapil) sudah sering menyosialisakan terkait dengan pembuatan akta kematian. Hanya saja sampai sejauh ini masih belum direspon penuh oleh masyarakat. Mungkin dirasa belum membutuhkan, sehingga cuma masyarakat cina yang lebih sering membuat akta tersebut”, ungkapnya Anita.

Berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan bahwa dalam pengurusan sebuah akte tidak lagi ada peran Pengadilan dan Gratis. Selain itu batasan waktu 60 hari sejak tanggal kematian juga sudah dihapus dalam UU tersebut.

Sehingga kemudahan dalam pengurusan akta kematian dan akte kelahiran diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat. Adapun syarat dalam mengurus akte kematian, harus dilengkapi dengan Surat Kematian dari desa/kelurahan setempat, Surat Nikah, Kartu Keluarga (KK) dan dua orang saksi. (am)

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. wong Edan berkata:

    lha nek gawe akte neng desa kene yo bayar seket ewu(50000) nek lewat perangkat deso gratis opo yooo bujuk kuwi