Published On: Kam, Nov 2nd, 2017

Kepindahan Letkol Sarwo Supriyo Mewariskan Prestasi Ini

seputartuban.com, TUBAN – Selama menjabat Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo telah mendapatkan penghargaan ketiga se Indonesia. Pria kelahiran Madiun yang kini menjabat sebagai Wa AsOps Kodam V Brawijaya iti berhasil berperan dalam swasembada pangan. 

MERASA KEHILANGAN : Bupati Tuban beserta istri saat menyampaikan salam perpisahan kepada Letkol Inf Sarwo Supriyo dan istri

Hal itu disampaikan Komandan Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya, Kolonel Kavaleri Gathut Setyo Utomo, Selasa (31/10/2017) malam saat sambutan pisah sambut Dandim 0811 Tuban, di Makodim Tuban. Dia mengungkapkan prestasi Kodim Tuban terukir menjadi terbaik ke tiga se Indonesia. Karena keberhasilannya meningkatkan hasil produksi beras serta pendampingan pasca panen. 

“Pendampingan TNI ke masyarakat, Kodim Tuban ini berhasil mendapat juara ke 3 se Indonesia, pemberian penghargaanya sudah dilaksanakan awal tahun lalu di surabaya, ” terangnya. 

BERLANGSUNG HANGAT : Suasana pisah sambut Dandim Tuban

Ia berharap, agar program yang sudah dilaksanakan selama 22 Bulan sebelumnya tersebut dapat terus dikembangkan Dandim baru. Yakni, dengan meningkatkan program serapan tersebut dapat membantu meningkatkan taraf hidup petani. Serta tercapainya nawa cita Presiden RI tentang upaya menyukseskan Swasembada pangan nasional dapat terealisasi.

Senada juga diungkapkan Bupati Tuban, Fathul Huda. Ia sangat mengapresiasi atas kinerja yang dilaksanakan pria yang dikenal dekat banyak komunitas masyarakat tersebut. Bahkan Bupati merasa kehilangan dengan kepindahan Sarwo Supriyo. Karena dikenal konsisten, disiplin dan aktif dalam membantu pemerintah daerah. 

SELAMAT JALAN : Kegiatan pedang pora sebagai penanda pelepas tugas Letkol Inf Sarwo Supriyo di Makodim Tuban

“Berat rasanya ditinggal Pak Sarwo mengingat mata pencaharian masyarakat tuban ini mayoritas adalah petani, terbukti memalui program kedaulatan pangan yang dilaksanakanya mampu mengantarkan Kabupaten Tuban memperoleh pringkat pertama se jawa timur, ” ungkapnya.

Menurutnya, melalui program yang sudah dilaksankan secara masif melibatkan seluruh anggota Babinsa dimasing-masing desa tersebut, mampu merefitalisasi tata kelola niaga hasil panen. Melalui metode pengelolaan yang lebih baik itu meningkatkan taraf hidup petani karena dapat menjual hasil panen dengan harga tinggi.

Acara pelepasan secara militer dilakukan pada Rabu (1/11/2017) di Makodim 0811 Tuban. Prajurit, PNS dan Persit KCK Cabang XXVI menggelar acara tradisi penyambutan dan penerimaan Komandan Kodim (Dandim) 0811/Tuban yang baru, Letkol Inf Nur Wicahyanto, SE beserta Isteri, yang dipimpin oleh Kasdim 0811/Tuban Mayor Inf Suko Edi Winarto, S.Sos beserta isteri.

Dalam acara tradisi penyambutan dan penerimaan Dandim 0811/Tuban ini ditandai dengan dikalungkannya bunga kepada Dandim di depan pos penjagaan oleh Kasdim 0811/Tuban. Selain itu penyerahan bunga tangan kepada Ibu Dandim yang diberikan langsung oleh Ny. Suko Edi Winarto.

SEMANGAT BARU : Suasana penyambutan Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto di Makodim Tuban

Pengalungan tersebut sebagai tanda bahwa Kodim 0811/Tuban telah menerima kedatangan Komandan yang baru. Setelah menerima penghormatan berjajar dari regu jajar kerhormatan, selanjutnya Komandan Kodim 0811/Tuban masuk ke kesatrian Kodim 0811/Tuban disambut oleh prajurit, PNS dan Ibu-Ibu Persit di kanan kiri jalan menuju teras Makodim 0811/Tuban,dengan bertepuk tangan diiringi lagu khas parjurit “ Selamat Datang Pahlawan Muda”. Sesampainya diteras Makodim kemudian dilakukan pengalungan bunga kepada Letkol Inf Sarwo Supriyo oleh Dandim 0811/Tuban.

Usai acara penerimaan Dandim Tuban, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan Letkol Inf Sarwo Supriyo dengan diiringi dengan tradisi Pedang Pora dipimpin oleh Kapten Inf Sunaryo. Tradisi pedang pora sebagai simbol penghormatan terakhir atas segala kebijakan atau kinerjanya selama menjabat sebagai Dandim Tuban.

Selanjutnya, dengan didampingi Dandim dan Kasdim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo menuju pintu keluar gerbang utama Makodim Tuban, sebagai simbolis pelepasan jabatan, sekaligus beralihnya jabatan Dandim Tuban di tangan Letkol Inf Nur Wicahyanto, SE. ARIF AHMAD AKBAR/Penrem 082/CPYJ.

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>