Published On: Ming, Jul 31st, 2016

Kepedulian Semen Indonesia, Salurkan Rp. 6,5 Miliar Kepada Pemdes

TUBAN

seputartuban.com – Bukti kepedulian PT Semen Indonesia (persero) Tbk kepada masyarakat sekitarnya, telah menyalurkan dana Rp. 6,5 miliar untuk 26 Desa. Yang tersebar di Kecamatan Kerek, Kecamatan Merakurak, Kecamatan Jenu, Kecamatan Tambakboyo, dan Kecamatan Tuban.

Kabiro Humas dan CSR Semen Indonesia

Kabiro Humas dan CSR Semen Indonesia, Wahyu Darmawan

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Corporate Social Responcibility (Humas dan CSR) PT Semen Indonesia, Wahyu Darmawan mengatakan bahwa penyaluran dana tersebut sudah dilaksanakan sejak 4 bulan lalu. Terhitung sejak bulan Desember hingga Bulan Maret. “Pendistribusianya tidak berupa fresh money, namun dalam berbentuk gedung atau bangunan, barang, dan jasa,” terangnya katanya.

Program yang sudah dilaksanakan menghabiskan biaya sebesar Rp 250 juta tiap desa itu telah digunakan untuk berbagai jenis kegiatan. Diantaranya pavingisasi hinga pengaspalan jalan lingkungan, pembangunan gedung Pollindes,  pembangunan gedung sebagai tempat pendidikan bagi siswa pendidikan dasar.

Juga pengadaan sarana penunjang belajar diantaranya laptop dan komputer bagi sekolah. Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin dengan mengajarkan metode beternak sekaligus bantuan ternak untuk dikembangkan.  “Posisi perusahaan sebagai fasilitator pembangunan. Pihak pemerintah kabupaten dan pemerintah desa  melakukan perencanaan dan pengoptimalan aset yang bertujuan meningkatan kwalitas hidup masyarakat,” lanjutnya

Pelaksanaanya proyek oleh pihak ketiga melalui lelang. Sedangkan untuk inventarisir kebutuhan desa melibatkan Forum Masyarakat Kokoh (FMK) yang terdiri dari staf kecamatan, perangkat desa dan tokoh masyarakat. Serta melibatkan tim pemantau pelaksanaan pekerjaan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (Bappemas) dan KB sebagai wakil dari Pemkab Tuban. “Seluruh program kegiatanya sudah selesai, tinggal pembayaran kepada pihak ke tiga yang melaksanakan pekerjaan,” pungkasnya.

Anggaran yang telah dicairkan Rp. 250 juta tersebut telah dicairkan untuk desa diwilayah Kecamatan Kerek. Yakni untuk Desa Sumberarung, Desa Karanglo, Desa Mliwang, Desa Kasiman, Desa Kedungrejo, Desa Margorejo, Desa Jarorejo.

Sedangkan di Kecamatan Merakurak meliputi Desa Temandang, Desa Tlogowaru, Desa Tobo, Desa Pongpongan, Desa Senori, Desa Sambungrejo, Desa Sugihan, Desa Tegalrejo. Desa Tuwiriwetan, Desa Tuwirikulon, Desa Kapu, Desa Tahulu, dam Desa Bogorejo.

Sedangkan di kawasan Kecamatan Jenu diperuntukkan untuk Desa Temaji, Desa Karangasem, Desa Socorejo, Serta Kecamatan Tambakboyo Di Desa Glondong gede, hingga Kecamatan Tuban di Desa Sumurgung.

Diketahui, sebagai wujud kepedulianya terhadap peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), pihak  Semen Indonesia juga telah membagikan sebanyak 3.500 buku sejarah Sunan Bonang dan ajaranya. Buku tersebut diterbitkan atas kerjasama dengan Yayasa Mabbarot Sunan Bonang (YMSB).

Pembagian perdananya sudah dibagikan untuk perpustakaan umum Kecamatan Jenu yang akan diteruskan kemasing-masing perpustakaan desa. Sedangkan pada wilayah kecamatan lain akan dilaksanakan menyusul mengingat sebagian buku masih dalam tahap cetak. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author