Published On: Kam, Mei 31st, 2012

Kepala Sekolah Diberhentikan, Siswa Gelar Demo

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Puluhan siswa dari SMKN Jenu menggelar aksi unjukrasa di halaman SMKN 1 Tuban, Kamis (31/05/2012). Hal ini buntut dari pemecatan Kepala sekolah yang dilakukan oleh pengurus yayasan Mambail futuh.

Para siswa ini datang aksi dengan mengendarai sepeda motor. Dan bermaksud memprotes keputusan pengurus, karena mereka menilai pemberhentian kepala sekolahnya tidak memiliki dasar yang kuat. Dan dalam aksi damai ini mereka menggunakan seragam lengkap, tanpa membawa poster.

Secara bergantian, mereka menyampaikan tuntutanya.”Kami tidak terima pemecatan Kepala sekolah kami. Dan kami juga mendengar bahwa sekolah akan diswastakan,” ungkap salah satu siswa.

Beberapa saat kemudian, perwakilan siswa dimediasi oleh pihak kepolisian dan dipertemukan dengan Kasek SMKN 1 Tuban, Gatot Sudjito dan Sekretaris Yayasan Manbail Futuh, Arifudin serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemkab Tuban.
Sekretaris yayasan Mambail Futuh, Arifudin mengatakan bahwa pemberhentian Kepseknya sudah sesuai aturan yang berlaku.

“Memang, yang melakukan pemberhentian adalah pihak yayasan. Tapi, semua itu juga sudah sesuai prosedur yang ada. Banyak pertimbangan sebelum kita melakukan pemberhentian tersebut,”katanya.

Sementara itu, Kepsek SMKN 1 Tuban, Gatot Sudjito menegaskan kabar SMKN Jenu akan berubah menjadi swasta dibantah keras. Dan soal management sekolah diserahkan sepenuhnya kepada yayasan Mambail Futuh.

Saat dikonfirmasi seputartuban.com, Kepala Dinas Pendidikan pemuda dan Olah raga Kabupaten Tuban, Sutrisno menjelaskan bahwa, SMKN Jenu memang wadah untuk masyarakat yang diberikan sepenuhnya wewenang kepada yayasan Mambail Futuh. “Terkait permasalahan di yayasan itu adalah otoritas yayasan, kami hanya memberikan wadah untuk sekolah saja,” tuturnya.

Diketahui, jabatan Kepala sekolah SMKN sebelumnya dijabat oleh Ni’amul Huda. Namun melalui surat keputusan yayasan pendidikan Mambail Futuh tertanggal 29 Mei 2012 lalu diberhentikan. Dalam surat tersebut juga dikeluarkan berdasarkan rapat pengurus yayasan, surat dari forum guru SMKN 1 Tuban di PP Mambail Futuh dan rentang waktu darurat pendirian SMKN 1 Tuban di PP Mambail Futuh telah berakhir.

Foto : Siswa saat menggelar unjukrasa di halaman SMKN 1 Tuban

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Omax Cah Tuban berkata:

    Ini adalah masalah internal yayasan, para siswa selalu menjadi korban. Tolong segera diselesaikan, jangan berlarut-larut, sebentar lagi ujian akhir semester.